10 Makanan Berkalsium Tinggi Yang Enak Dan Menyehatkan

Ditulis oleh Admin

10 Makanan Berkalsium Tinggi Yang Enak Dan Menyehatkan

Kalsium adalah salah satu mineral terbanyak yang terdapat di dalam tubuh anda dan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menjaga kesehatan. Secara umum kalsium merupakan salah satu komposisi terbesar dalam pembentukan serta menjaga kepadatan tulang dan gigi. Selain itu kalsium juga memiliki peran dalam fungsi otot, kesehatan jantung dan sinyal saraf anda. Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk memenuhi kebutuhan asupan kalsium dengan cukup.

Salah satu cara agar kebutuhan kalsium kita terpenuhi adalah dengan mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi. Pada umumnya kebutuhan kalsium orang dewasa adalah sekitar 1000mg per hari. Hal ini tentunya harus jadi perhatian tersendiri bagi kita, jangan sampai kita nantinya kekurangan kalsium yang dapat menyebabkan masalah - masalah kesehatan yang membahayakan seperti osteoporosis ataupun masalah kesehatan lainnya.

Berikut adalah daftar makanan yang tinggi akan kalsium yang bisa anda konsumsi.

10 rekomendasi makanan berkalsium tinggi.

1. Sayur Bayam


Sayur bayam merupakan jenis sayur mayur yang memiliki kandungan zat besi dengan fungsi sebagai pembentuk hemoglobin atau protein pengikat oksigen pada sel darah merah. Bayam juga kaya akan serat yang berguna dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu bayam juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi, dalam setiap 100gram bayam terdapat kandungan kalsium sebesar 150mg yang bisa anda jadian sumber asupan kalsium harian anda.

2. Kacang Merah


Kacang merah juga merupakan sebuah makanan yang bagus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium anda. Setiap anda mengkonsumsi satu cangkir kacang merah sekitar 185gram, anda bisa mendapatkan kandungan kalsium sekitar 80mg, Hal ini tentunya dapat menjadi opsi makanan pemenuh kebutuhan kalsium yang baik bagi anda.

3. Ikan Sarden

Jenis makanan yang sering kita jumpai dalam bentuk kalengan yang satu ini memiliki kadar kalsium yang cukup tinggi. Setidaknya dalam 2,5ons ikan sarden, terdapat kandungan kalsium yang cukup banyak yaitu sebesar 286mg. Tulang ikan ini yang bertekstur lunak juga mengandung kalsium yang tentunya sangat dianjurkan untuk anda konsumsi.

4. Tahu


Makanan yang mungkin paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yang satu ini ternyata adalah sebuah makanan berkalsium tinggi. Selain sebagai sumber protein nabati yang sehat, dalam 150 gram tahu terdapat besaran kalsium sebanyak 300-500mg. Sehingga makanan ini merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi.

5. Buah Jeruk


Buah yang manis dan agak asam ini juga merupakan salah satu sumber makanan berkalsium tinggi. Apalagi buah ini sangat mudah kita jumpai sehari-hari sehingga bisa dijadikan alternatif asupan kalsium anda. Selain kaya akan vitamin C, dalam 150gram jeruk juga terkandung kalsium sebesar 60mg. Jadi, buah yang satu ini sangat cocok untuk anda konsumsi dalam keseharian anda.

6. Keju


Makanan populer yang satu ini memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Kandungan kalsium di tiap jenis keju sebenarnya berbeda - beda. Untuk jenis keju yang paling tinggi jumlah kalsiumnya dapat anda temui di keju parmesan. Setiap 28gram keju parmesan dapat mengandung sekitar 330mg kalsium. Hal ini menjadikan keju sebagai salah satu makanan berkalsium tinggi yang sangat direkomendasikan untuk anda konsumsi untuk asupan kalsium harian.

7. Yoghurt


Produk olahan susu ini merupakan salah satu alternatif sumber kalsium yang tinggi bagi anda. Selain memiliki bakteri probiotik yang baik untuk pencernaan anda, yoghurt juga mengandung kalsium yang cukup besar. Dalam setiap takaran 250gram yoghurt, anda bisa mendapatkan kalsium sekitar 260mg kalsium. Makanan yang kaya akan kalsium ini cocok untuk anda konsumsi tiap hari agar kebutuhan kalsium anda tidak kurang dan kesehatan pencernaan anda juga tetap terjaga.

8. Brokoli


Jenis sayuran yang satu ini merupakan sumber berbagai macam vitamin dan nutrisi penting lainnya serta berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh. Mulai dari zat besi, vitamin C, vitamin A, magnesium hingga kalsium terdapat dalam kandungan sayuran ini. Setiap 100 gram brokoli sendiri mengandung kurang lebih sekitar 60 mg kalsium yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian anda. Apalagi jika dikonsumsi berbarengan dengan makanan berkalsium tinggi lainnya.

9. Pepaya


Buah yang sering dikonsumsi guna menjaga kesehatan pencernaan ini juga ternyata memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kandungan kalsium dalam setiap 100 gram pepaya mencapai sekitar 20mg. Kandungan buah pepaya yang memiliki banyak manfaat kesehatan ini membuat pepaya merupakan makanan berkalsium tinggi yang sangat direkomendasikan untuk anda.

10. Susu


Susu sendiri merupakan salah satu pilihan asupan kalsium yang paling populer dan terbaik. Susu pun mempunyai berbagai macam jenis, seperti misalnya susu sapi yang memiliki kurang lebih sekitar 300mg kalsium untuk setiap cangkirnya (230ml). Jenis-jenis susu lainnya seperti susu kedelai ataupun susu kambing juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga konsumsi susu merupakan hal yang penting untuk menjaga agar tubuh anda tidak kekurangan kalsium.

Itulah rekomendasi jenis - jenis makanan berkalsium tinggi yang dapat kami rekomendasikan untuk anda. Jangan lupa, pastikan agar tubuh anda tidak kekurangan kalsium sehingga aktivitas sehari-hari anda dapat selalu berjalan secara lancar tanpa ada hambatan masalah kesehatan.

Bagi anda yang masih khawatir dengan asupan kalsium anda dan membutuhkan sumber nutrisi berkalsium tinggi untuk memastikan agar tubuh anda tidak kekurangan kalsium. Tenang saja, anda bisa mendapatkannya secara mudah dengan mengkonsumsi Entrasol Gold, merupakan nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun.

Kandungan nutrisi tinggi kalsium dapat membantu Anda untuk meningkatkan kapadatan tulang dan gigi. Tinggi vitamin D dapat membantu untuk penyerapan kalsium serta meningkatkan daya tahan tubuh. Ekstrak buah zaitun dalam seluruh rangkaian produk Entrasol merupakan antioksidan alami yang faktanya 4x lebih kuat untuk menangkal radikal bebas , menjaga kesehatan peredaran darah sehingga bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu Entrasol Gold juga dilengkapi dengan 12 Vitamin dan 9 mineral. Vitamin D dan Ekstrak Buah Zaitun untuk bantu mempercepat penyerapan kalsium.

04 March 2022 - 0 views 4 min to read

Share: