11 Makanan Yang Baik Untuk Tulang Dan Memelihara Sendi

Ditulis oleh Admin

11 Makanan Yang Baik Untuk Tulang Dan Memelihara Sendi

11 Makanan Yang Baik Untuk Tulang Dan Memelihara Sendi

Makanan yang baik untuk tulang dan sendi wajib dikonsumsi sejak dini. Sebab orang yang sudah menginjak usia lebih dari 30 tahun kerap mengalami beberapa masalah pada bagian persendian seperti leher, siku, bahu, lutut, bahkan pinggul. Tak heran jika mengonsumsi makanan yang baik untuk tulang dan sendi sangat disarankan, ditambah dengan rutin melakukan olahraga.

Selain makanan yang baik untuk tulang dan sendi, konsumsi vitamin juga sangat disarankan. Ada beberapa jenis vitamin yang berguna untuk membentuk tulang dan sendi, di antaranya adalah D, K, dan A. Vitamin ini telah terbukti dalam efektivitasnya membentuk tulang agar terhindari dari berbagai macam penyakit. Makanan tinggi protein juga sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan tulang dan sendi.

Bagi kamu yang masih bingung dengan makanan yang baik untuk tulang dan sendi? Berikut ulasannya.

Makanan yang Baik untuk Tulang dan Sendi

1. Makanan laut 

Makanan laut memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu seafood juga mengandung glukosamin yang berfungsi untuk melindungi tulang rawan. Glukosamin ini juga bermanfaat untuk mengurangi bengkak, nyeri, dan kaku pada persendian.

2. Ikan yang tinggi lemak

Lemak yang terdapat pada ikan mengandung omega 3 yang bagus untuk kesehatan sendi. Beberapa ikan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi adalah salmon, sarden, dan makarel. Selain omega 3, ikan ini juga mengandung vitamin D yang tinggi lho.

3. Bawang Putih

Siapa sangka bumbu dasar ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan tulang dan sendi. Kandungan bioflavonoid bermanfaat sebagai antioksidan. Sementara senyawa diallyl disulfide yang ada di dalamnya, mampu menghambat enzim perusak tulang rawan di sel badan.

4. Susu

Susu kaya akan vitamin D dan kalsium. Dua komponen ini memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya untuk tulang dan sendi. Mengonsumsi susu secara rutin, terbukti bisa menurunkan tingkat keparahan masalah sendi terutama pada bagian lutut.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung oleocanthal yang berguna sebagai anti-inflamasi yang mampu mengurangi peradangan pada sendi. Selain itu minyak zaitun juga memiliki kandungan lemak yang berperan sebagai antioksidan.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak protein, kalsium, serat, zinc, magnesium, vitamin E dan omega 3. Semua zat yang terkandung ini efektif untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Beberapa kacang yang direkomendasikan adalah almond, pistachio, dan walnut.

7. Bayam

Bayam memiliki kandungan antioksidan dan vitamin K yang sangat tinggi. Antioksidan ini memiliki manfaat untuk menurunkan risiko peradangan pada sendi. Sementara vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang.Brokoli

8. Brokoli

kaya akan vitamin C dan K serta senyawa sulforaphane yang dapat mencegah dan menghambat osteoarthritis. Osteoarthritis adalah salah satu penyakit sendi yang paling banyak dialami oleh masyarakat. 

9. Buah Ceri

Buah ini mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Bahkan menurut hasil penelitian pada 2009, makanan yang mengandung ekstrak ceri berpotensi untuk meredakan nyeri sendi akibat osteoarthritis.

10. Produk Olahan Susu

Makanan yang baik untuk tulang dan sendi selanjutnya adalah yoghurt dan keju. Keduanya adalah produk olahan susu yang kaya akan kalsium dan vitamin D. Dua komponen ini mampu meningkatkan sistem imun dan menguatkan tulang dan sendi.

11. Biji-bijian

Biji-bijian kaya akan asam folat, magnesium, zat besi, zinc, dan juga kalium. Komponen ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Selain itu kandungan ini juga bermanfaat bagi kesehatan jantung manusia.

Dengan rutin mengkonsumsi makanan yang baik untuk tulang dan sendi, maka kamu bisa terhindari dari beberapa penyakit yang sering dialami masyarakat.

Itulah tadi penjelasan tentang makanan yang baik untuk tulang dan sendi serta beberapa penyakit tulang

Bagi anda yang khawatir asupan kalsium anda kurang dan membutuhkan sumber nutrisi berkalsium tinggi untuk memastikan agar tubuh anda tidak kekurangan kalsium. Tenang saja, anda bisa mendapatkannya secara mudah dengan mengkonsumsi Entrasol Gold tiap hari. 

Kandungan nutrisi tinggi kalsium dan Vit D didalamnya membantu anda untuk meningkatkan kepadatan tulang & gigi sehingga dapat menjalani hari - hari dengan lancar tanpa takut kekurangan kalsium. Entrasol Gold juga mengandung ekstrak buah zaitun yang bagus untuk jaga kesehatan jantung, ditambah dengan Pro-Fit Formula yang mengandung Omega 3 dan Omega 6 serta dilengkapi dengan 10 vitamin dan 5 mineral yang penting bagi tubuh anda. Sehingga Anda dapat menjadikan Entrasol Gold sebagai sumber kalsium harian Anda.

 

29 June 2022 - 0 views 3 min to read

Share: