9 Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita Yang Harus Diwaspadai

Ditulis oleh Admin

9 Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita Yang Harus Diwaspadai

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit serius yang perlu dicegah. Namun rupanya gejala penyakit jantung dapat timbul dalam bentuk yang berbeda-beda, khususnya bagi wanita. Gejala penyakit jantung pada wanita kemungkinan juga berbeda dengan pria. Bahkan beberapa gejala penyakit jantung pada wanita lebih samar dibanding pria. Hal ini menjadikan kebanyakan wanita sering kali tidak menyadari bahwa dirinya mengalami penyakit tersebut. 

Maka dari itu, gejala penyakit jantung perlu diperhatikan sedini mungkin, khususnya bagi wanita. Sebab, menyepelekan gejala penyakit jantung akan membahayakan penderita. Untuk mengetahui apa saja gejala penyakit jantung pada wanita, mari kenali 9 gejala penyakit jantung pada wanita yang harus diwaspadai berikut ini.

Gejala Penyakit Pada Jantung Wanita

1. Nyeri Dada 


Nyeri dada menjadi salah satu gejala serangan jantung yang paling umum dialami, baik pria maupun wanita. Namun, gejala ini dapat dialami dengan rasa yang berbeda bagi wanita dibandingkan dengan gejala yang dialami pria. Biasanya nyeri dada membuat Anda merasa tidak nyaman, bahkan dapat menimbulkan rasa sakit pada bagian tubuh lainnya. 

2. Nyeri Pada Lengan, Punggung, Leher atau Rahang


Mengalami nyeri pada lengan, punggung, leher, atau rahang adalah gejala yang lebih umum ditemukan pada wanita dibandingkan pada pria. Gejala dari serangan jantung pada wanita ini dapat terjadi secara bertahap atau bahkan mendadak. Gejala ini dapat muncul kembali dengan frekuensi yang lebih intens dalam interval waktu yang singkat.

3. Nyeri di Perut Bagian Atas 


Gejala satu ini dapat dialami wanita yang memiliki penyakit jantung. Gejala ini dapat timbul saat istirahat atau saat melakukan aktivitas sehari-hari, ditandai dengan nyeri perut bagian atas. Gejala ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan dalam beraktifitas bahkan tak jarang hingga memicu rasa mual dan muntah. 

4. Jantung Berdebar


Aritmia atau jantung berdebar yang dialami wanita bisa jadi sebuah tanda atau gejala penyakit jantung pada wanita. Gejala ini menandakan gangguan serius pada jantung, seperti aritmia. Saat gejala ini timbul, Anda dapat merasakan detak jantung menjadi terlalu cepat, dan tidak beraturan. 

5. Berkeringat Dingin


Jika Anda mengalami keringat dingin padahal tidak melakukan apapun, Anda patut waspada. Pasalnya, kondisi ini termasuk sebagai salah satu gejala penyakit jantung pada wanita. Apalagi jika keringat yang dihasilkan oleh tubuh adalah keringat dingin. Maka dari itu alangkah baiknya jika Anda segera memeriksakan ke dokter dan konsultasi lebih lanjut mengenai keringat dingin yang Anda alami untuk mendapatkan tindak lanjut yang tepat guna mencegah hal yang lebih buruk terjadi.

6. Napas Terengah-Engah


Napas yang terlalu pendek atau napas terengah-engah membuat Anda merasa kesulitan saat bernapas. Hal ini merupakan salah satu gejala adanya masalah pada jantung Anda. Biasanya gejala ini dapat dirasakan saat Anda berbaring dan akan mereda saat Anda kembali duduk. 

7. Kelelahan yang Berlebihan


Kelelahan yang berlebihan tentu bukan suatu hal yang normal dan perlu diwaspadai. Kondisi tersebut rupanya termasuk ke dalam salah satu gejala penyakit jantung pada wanita. Gejala ini bahkan tetap timbul meski Anda sudah beristirahat untuk sementara waktu dan melakukan kegiatan secara aktif.

8. Gangguan Pencernaan


Jika Anda mengalami gangguan pencernaan seperti merasakan rasa sakit atau tekanan pada bagian perut Anda perlu curiga. Terlebih jika nyeri tersebut disertai dengan mual, muntah, dan gangguan pencernaan lainnya. Sayangnya, masih banyak yang menganggap enteng gejala ini. Jika Anda mengalami tekanan pada bagian perut yang cukup parah hingga merasa mual bahkan muntah, maka Anda perlu memeriksakannya ke dokter.

9. Masalah Tidur


Saat ini, gangguan tidur menjadi salah satu hal yang banyak dialami orang-orang. Jika hal ini terjadi, Anda perlu mewaspadainya. Sebab, kesulitan tidur pada malam hari merupakan gejala penyakit jantung yang dialami wanita. Beberapa wanita penderita penyakit jantung mengalami insomnia dan sebagian lainnya selalu terbangun saat tidur. Hal ini tentu memicu kualitas tidur menjadi buruk. Kesulitan tidur biasanya dipicu oleh rasa nyeri yang tiba-tiba muncul di berbagai area tubuh wanita penderita penyakit jantung. Jika Anda mengalami hal ini, segera konsultasi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Itu dia 9 gejala penyakit jantung pada wanita yang perlu Anda waspadai. Untuk mencegah penyakit jantung, Anda perlu menerapkan gaya hidup sehat seperti olahraga rutin, makan makanan bergizi dan selalu minum Entrasol Platinum setiap hari. Dengan 2 gelas Entrasol Platinum setiap hari dapat membantu memenuhi asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh di usia senja. Diperkaya dengan kandungan tinggi protein, serat, kalsium, vitamin D, magnesium, 11 vitamin dan 8 mineral, omega 3, dan omega 6 membuat Entrasol Platinum menjadi pilihan yang tepat untuk membantu Anda tetap sehat dan fit tanpa khawatir soal usia.

22 March 2022 - 0 views 3 min to read

Share: