Begini Cara Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Gaya Hidup

Ditulis oleh Admin

Begini Cara Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Gaya Hidup

Ditinjau Oleh dr. Adeline Devita

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital karena berperan untuk memompa dan mengalirkan darah ke seluruh organ. Maka dari itu, kesehatan jantung memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. 

Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan jantung agar tetap dapat berfungsi dengan baik. Jika jantung berfungsi dengan baik, maka seluruh organ dalam tubuh mendapat asupan darah yang cukup dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. 

Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda dapat menjalankan gaya hidup sehat. Cara menjaga kesehatan jantung dengan gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Cukup Istirahat


Memiliki kesibukan yang padat dapat membuat Anda mengalami kekurangan waktu tidur. Jika hal ini terjadi, tubuh akan merasa stres dan mengeluarkan hormon stres. Selain itu, kurang waktu istirahat juga dapat berisiko merusak jantung dan berisiko serangan jantung. Maka dari itu penting untuk menjaga waktu istirahat dalam jumlah yang cukup untuk menjaga kesehatan jantung dalam jangka waktu panjang. Anda cukup tidur sekitar 6–8 jam dalam sehari untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.
 

Hindari Gula Garam Lemak, 

Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda perlu menjaga asupan makanan yang mengandung lemak jenuh dan pilih yang rendah lemak. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang secara otomatis akan meningkatkan resikot terhadap penyakit jantung.

 

Menjaga Berat Badan Ideal


Memiliki berat badan yang ideal dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Anda dapat melakukan pengecekan berat badan secara rutin dan menghitungnya dengan rumus Indeks Massa Tubuh. Dengan menjaga tubuh dengan berat badan ideal, risiko terkena penyakit jantung pun akan menurun.

Olahraga rutin


Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang menyehatkan tubuh, termasuk jantung. Sebab, olahraga dapat membantu mengendalikan berat badan, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Anda dapat mencoba berbagai jenis olahraga yang Anda sukai seperti bersepeda, berenang, jogging, atau senam jantung. Anda cukup menyisihkan waktu olahraga setidaknya 30 menit setiap hari. 

Kelola Stress


Mengelola stress juga termasuk ke dalam salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko penyakit jantung pada tubuh Anda. Hal ini karena saat Anda stress, tubuh mengeluarkan hormon stres atau kortisol. Hormon tersebut menyebabkan kenaikan tekanan darah, nadi, asam lambung, produksi gula darah, dan kolesterol di tubuh. Meski stress dalam hidup tidak bisa dihindari, Anda perlu mengendalikannya agar tidak terlalu berlarut dan membahayakan kesehatan. Untuk mengelola stress, hindari rasa khawatir berlebih dan selalu meyakini bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya dan tetap ikhlas atas apapun yang terjadi.


Konsumsi Makanan dengan Gizi Lengkap Seimbang


Agar jantung tetap sehat dan berfungsi baik, Anda perlu memperhatikan asupan makanan dengan kandungan gizi lengkap dan seimbang. Anda perlu memperhatikan kandungan karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral dalam makanan yang  dikonsumsi memenuhi taraf asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. 

itu dia sederet gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. 

Anda dapat mengoptimalkan gaya hidup sehat dengan rutin minum Entrasol Platinum setiap hari. Nutrisi ini kaya akan kandungan tinggi protein, serat, kalsium, vitamin D, magnesium, 11 vitamin dan 8 mineral, ekstrak buah zaitun (hytolive), omega 3 dan omega 6 yang  dapat membantu memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. 

Jangan khawatir, susu ini rendah laktosa dan rendah gula sehingga aman dikonsumsi secara rutin. Tersedia dalam rasa coklat dan vanilla yang nikmat, Entrasol Platinum dapat Anda pilih sesuai kesukaan Anda. Selalu minum Entrasol Platinum secara rutin setiap hari untuk membantu menjaga kesehatan jantung Anda ya!

 

22 April 2022 - 0 views 3 min to read

Share: