Cara Mengetahui Kadar Kebutuhan Kalsium Harian Yang Cukup Untuk Tubuh Kita

Ditulis oleh Admin

Cara Mengetahui Kadar Kebutuhan Kalsium Harian Yang Cukup Untuk Tubuh Kita
Kalsium sebagai salah satu mineral terbanyak yang terdapat di dalam tubuh kita dan mempunyai peranan sangat penting dalam menjaga kesehatan. Terutama untuk pembentukan tulang dan gigi serta untuk membantu menjaga kepadatan kedua hal tersebut. Selain itu kalsium juga memiliki peran dalam menjaga kesehatan jantung, fungsi otot dan sinyal saraf anda agar terhindar dari berbagai resiko kesehatan. Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk memenuhi kebutuhan asupan kalsium dengan cukup.
 

Rekomendasi Kadar Kebutuhan Kalsium Harian

 
Tentunya karena setiap harinya kita membutuhkan asupan kalsium yang cukup. Kita juga harus mengetahui kira - kira berapa kadar kalsium harian yang dianjurkan. Jika anda masih bingung atau belum mengetahui hal tersebut, anda tidak perlu khawatir. Anda bisa berpatokan dengan mengikuti anjuran kadar kalsium harian dari International Osteoporosis Foundation dibawah ini :
 
 
Berikut adalah rekomendasi asupan kalsium harian berdasarkan umur dari International Osteoporosis Federation :
 

Batas Maksimal Kadar Asupan Kalsium Harian.

 
Setelah anda mengetahui berapa rekomendasi rekomendasi kebutuhan kalsium anda. Perlu diperhatikan juga agar asupan kalsium harian anda tidak berlebihan dan melebihi batas wajar. Asupan kalsium harian yang melebihi batas wajar terindikasi dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti batu ginjal. Untuk batas maksimal kadar asupan kalsium harian sendiri dapat mengikuti anjuran dari hasil penelitian oleh International Osteoporosis Federation dibawah.
 
Batas maksimal asupan kalsium harian berdasarkan umur oleh International Osteoporosis Federation :
 
1 - 8 tahun : 2,500 mg per hari
9 - 18 tahun : 3,000 mg per hari
19 - 50 tahun : 2,500 mg per hari
di atas 50 tahun : 2,000 mg per hari
 
 
Jika anda sekarang sudah mengetahui kira - kira berapa kadar kebutuhan kalsium harian anda. Perlu diketahui juga cara memenuhi kebutuhan kalsium harian agar cukup dan tubuh kesehatan anda selalu terjaga. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi. 
 
Untuk para pembaca Entrasol yang setia khususnya untuk yang sudah berumur diatas 45 tahun dan ingin selalu membuat tulang anda sehat bisa untuk mencoba Entrasol Platinum, Entrasol Platinum mengandung Nutrisi Tinggi Protein dengan Ekstrak Buah Zaitun untuk Jaga Massa Otot dan Kesehatan Jantung! Tidak hanya itu Entrasol Platinum juga Memiliki Protein, Kalsium, Vitamin dan Omega 3 & 6 yang tinggi
 

Makanan Yang Dapat Mencukupi Kebutuhan Kalsium Harian

 
Makanan dengan kandungan kalsium yang tinggi memungkinkan anda untuk bisa mendapatkan asupan kalsium yang cukup setiap harinya. Dengan mengkonsumsi makanan dengan kadar kalsium yang tinggi sehingga membuat asupan kalsium anda menjadi cukup, anda akan dapat terhindar dari berbagai macam resiko yang menyebabkan terganggunya fungsi normal tubuh.
 
Untuk anda yang ingin mengetahui daftar contoh makanan yang berkalsium tinggi, berikut adalah daftar makanan yang kaya akan kalsium yang sangat baik untuk anda konsumsi: 
 

Rekomendasi Makanan Dengan Kadar Kalsium Tinggi

 

Tahu

Makanan yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia ini adalah sebuah makanan dengan kadar kalsium tinggi. Tak hanya sebagai sumber protein nabati yang sehat, dalam 150 gram tahu terdapat besaran kalsium sebanyak 300-500mg.
 

Ikan Sarden

Ikan yang biasa kita beli dalam bentuk kemasan kaleng ini memiliki kadar kalsium yang cukup tinggi. Kandungan kalsium dalam 2,5ons ikan sarden cukup banyak, yaitu sebesar 286mg. Tulangnya yang lunak juga mengandung kalsium yang bisa anda konsumsi.
 

Keju

 
Makanan yang kerap dijadikan topping ini memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Untuk jenis keju yang paling tinggi kalsiumnya adalah keju parmesan. Setiap keju parmesan dengan takaran 28gram mengandung sekitar 330mg kalsium. Hal ini menjadikan keju sebagai salah satu makanan berkalsium tinggi yang sangat direkomendasikan untuk anda konsumsi.
 

Yoghurt

 
Produk olahan susu ini adalah alternatif sumber kalsium yang tinggi untuk anda. Dalam 250gram yoghurt terkandung didalamnya kalsium sekitar 260mg. Makanan yang kaya akan kalsium ini cocok untuk anda konsumsi tiap hari agar kebutuhan kalsium tercukupi dan kesehatan anda tetap terjaga.
 

Susu

 
Susu merupakan salah satu pilihan asupan kalsium terbaik yang paling populer. Susu dengan jenis susu sapi yang memiliki kurang lebih sekitar 300mg kalsium untuk setiap cangkir berukuran 230ml. Konsumsi susu secara rutin merupakan hal yang penting untuk menjaga agar tubuh anda tidak kekurangan kalsium.
 

Dampak dan Resiko Jika Tubuh Kekurangan Kalsium.

 
Setelah mengetahui cara menjaga kadar kalsium anda setiap hari. Anda perlu memperhatikan hal tersebut agar tubuh anda tidak kekurangan kalsium. Banyak efek samping yang dapat terjadi jika tubuh anda kekurangan kalsium. Salah satu indikasi bahwa tubuh anda sedang kekurangan kalsium adalah bila anda kerap merasakan hal seperti sering kesemutan, nyeri otot, mudah lelah, atau tulang menjadi rapuh / mudah patah walaupun tidak mengalami cedera berat.
Kekurangan kalsium sendiri dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Resiko kekurangan kalsium antara lain adalah Osteopenia atau pengurangan kepadatan mineral dalam tulang yang akhirnya dapat menyebabkan Osteoporosis. Kondisi ini dapat membuat tulang anda menjadi rapuh dan rentan terhadap patah tulang. 
 
Masalah lain bisa timbul jika tubuh anda kekurangan kalsium, salah satunya adalah masalah gigi. Ketika tubuh anda memiliki kadar kalsium yang tergolong rendah, tubuh anda secara otomatis akan mengambil asupan kalsium dari gigi. Hal ini dapat menyebabkan banyak masalah pada gigi anda seperti kerusakan gigi, gigi rapuh, gusi teriritasi dan akar gigi yang lemah.
 
Jika anda merasa khawatir dengan asupan kalsium anda dan membutuhkan sumber nutrisi berkalsium tinggi untuk memastikan agar tubuh anda tidak kekurangan kalsium. 
 
Anda tidak perlu panik, segera konsumsi Entrasol Gold dengan Pro-Fit Formula untuk bantu jaga imunitas & cegah osteoporosis setiap hari. Kandungan nutrisi susu dengan ekstrak buah zaitun, selain dilengkapi Omega 3 dan Omega 6 juga tinggi akan Kalsium dan Vit. D. Entrasol Gold yang tinggi serat ini juga mengandung 10 Vitamin & 5 Mineral  penting yang membuat anda dapat menjalani hari - hari dengan lancar tanpa rasa takut kekurangan kalsium.
 

04 March 2022 - 0 views 4 min to read

Share: