Daftar kebutuhan gizi yang penting untuk lansia

Pada dasarnya, unsur gizi dasar yang wajib dipenuhi oleh lansia serupa dengan berusia belia apalagi kanak- kanak. Beberapa unsur gizi tersebut sendiri terdiri dari Protein, yang berawal dari hewani ataupun nabati. Serat, vitamin, serta mineral dari sayur dan buah. Selanjutnya ada Karbohidrat kompleks dari sumber makanan pokok, semacam nasi, kentang, roti, ataupun umbi- umbian.

Walaupun serupa, tetap saja terdapat kebutuhan gizi spesial untuk golongan lanjut usia. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan daftar zat gizi khusus lansia, beserta dengan bimbingan untuk memenuhinya:

Kebutuhan Gizi Untuk Lansia Yang Wajib Terpenuhi

1. Kalsium

Kalsium berfungsi untuk melindungi kesehatan serta kekuatan tulang. Pada lansia, kepadatan tulang mulai menurun alhasil beresiko memunculkan pengeroposan tulang serta gigi. Oleh sebab itu, lansia direkomendasikan untuk konsumsi santapan banyak kalsium, semacam susu.

Untuk penuhi kecukupan mineral ini, lansia butuh konsumsi susu rendah lemak ataupun bebas lemak sebesar 2 porsi tiap hari. Tidak hanya itu, Anda juga dapat penuhi kebutuhan gizi itu dengan konsumsi santapan berkalsium yang lain, semacam ikan, sereal, ataupun sayur- mayur berwarna hijau tua.

2. Vitamin D

Sama halnya dengan kalsium, vit D juga diperlukan untuk melindungi kesehatan tulang lansia. Tipe vit ini berperan untuk menunjang absorbsi kalsium serta memperlambat hilangnya kalsium pada tulang.

Sumber pokok vit D merupakan cahaya matahari. Walaupun begitu, Anda pula dapat memperoleh sumber vit D dari makanan, semacam ikan salmon, telur, ataupun susu. Ada pula suplemen vit D untuk lansia biasanya diperlukan pada situasi khusus, maka Anda butuh berkonsultasi dengan dokter untuk mengkonsumsinya.

3. Serat

Sembelit adalah salah satu permasalahan pencernaan yang kerap dirasakan oleh lansia. Untuk menghindari serta menanggulangi permasalahan sistem pencernaan ini, konsumsi serat lansia haruslah tinggi. Tidak cuma itu, serat juga diperlukan untuk mengendalikan kandungan lemak serta gula dalam darah, sehingga dapat kurangi resiko penyakit jantung serta diabetes tipe 2.

Adapun lansia bisa memenuhi kebutuhan gizi ini dengan mengkonsumsi separuh cangkir sayur- mayur yang sudah matang ataupun satu buah berukuran sedang, semacam apel, pisang, ataupun yang lain, tiap hari. Tidak hanya dari sayur- mayur serta buah- buahan, santapan berserat besar juga bisa didapat dari biji- bijian ataupun kacang- kacangan.

4. Vit B12

Kekurangan vit b12 merupakan fenomena lazim di golongan lansia. Alasannya, semakin meningkat usia, badan tidak bisa meresap vit b12 dengan bagus. Ada pula pada situasi yang parah, kekurangan vit B12 bisa menimbulkan bermacam kondisi medis, seperti tekanan mental, paranoid, hilang ingatan, dan lainnya.

Oleh sebab itu, lansia butuh penuhi kebutuhan gizi ini untuk terhindar dari situasi tersebut. Untuk memenuhinya, Anda dapat mengkonsumsi santapan yang banyak akan vit B12, semacam daging, produk susu, ikan, telur, ataupun serial.5. Cairan

Bersamaan dengan bertambahnya usia, sistem hidrasi pada lansia juga menurun. Lansia juga bisa jadi merasa tidak haus seperti dahulu, apalagi pada saat badannya memerlukan cairan, sehingga rentan hadapi dehidrasi. Adapun dehidrasi dapat menimbulkan keletihan, mudah lupa, sampai tingkatkan resiko bermacam penyakit, seperti demensia ataupun darah tinggi.

Oleh sebab itu, hendaknya lansia penuhi kebutuhan cairan dengan konsumsi air putih sebesar 6- 8 cangkir per hari. Tetapi, lansia juga tidak bisa terlalu banyak konsumsi air. Alasannya, mengkonsumsi air berlebih pada lansia malah dapat membahayakan kesehatannya.

5. Vit K

Searah dengan informasi AKG tahun 2019, kebutuhan vit K pada lansia biasanya lebih besar dari golongan usia di bawahnya. Alasannya, lansia sangat memerlukan vit K untuk tingkatkan fungsi kognitif dan mobilitas, yang umumnya menyusut bersamaan dengan pertambahan usia.

Ada pula untuk penuhi nutrisi ini, lansia dapat konsumsi satu cangkir sayur- mayur hijau tiap hari. Misalnya, brokoli, bayam, asparagus, ataupun tipe buah- buahan khusus, semacam alpukat, blueberry, ataupun kiwi. Tidak cuma itu, menambahkan minyak kedelai ataupun minyak zaitun pada asupan tersebut juga bagus untuk kesehatan lansia.

6. Vit B6

Serupa dengan vit K, konsumsi vit B6 berarti untuk tingkatkan guna kognitif ataupun guna otak lansia. Alasannya, riset menciptakan, seorang yang hadapi kekurangan vit B6 mengarah hadapi penyusutan guna otak lebih kilat sampai 3, 5- 4 kali bekuk.

Untuk penuhi kebutuhan vit B6 ini, Anda dapat konsumsi bermacam tipe santapan, semacam ikan, daging angsa, kacang- kacangan, ataupun kentang. Tidak hanya itu, sebagian buah pula dapat Anda mengkonsumsi untuk penuhi nutrisi ini, semacam pisang ataupun alpukat.

Itulah beberapa jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh orang – orang yang masuk kedalam golongan lansia, pemenuhan nutrisi – nutrisi diatas sangatlah penting demi menjaga kesehatan dan menunjang aktivitas lansia sehari – harinya. 

Semua kebutuhan gizi yang wajib dikonsumsi oleh Lansia terkandung secara lengkap dalam produk Entrasol Platinum. Ingin tahu alasan Entrasol Platinum adalah pilihan yang tepat untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi lansia? Simak kelima alasannya berikut ini!

  1. Mengandung Ekstrak Buah Zaitun untuk Jaga Kesehatan Jantung

Entrasol Platinum sebagai satu-satunya produk nutrisi dewasa yang mengandung kebaikan Ekstrak Buah Zaitun. Faktanya, Ekstrak Buah Zaitun sebagai antioksidan alami memiliki kandungan asam oleat dan polifenol yang mampu mencegah peradangan serta bahaya radikal bebas. Ekstrak Buah Zaitun dipercaya dapat menangkal radikal bebas 4x lebih kuat dibandingkan dengan Vitamin C. Tidak hanya itu, Ekstrak Buah Zaitun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan jantung sudah lama diteliti oleh para ilmuwan. Dilansir dari Harvard Health Publishing, minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah cukup tinggi, sekitar 75 persen. Lemak tak jenuh tunggal membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga rutin mengkonsumsi ekstrak atau minyak zaitun juga memiliki risiko 21 persen lebih rendah menderita penyakit jantung koroner.

  1. Mengandung Nutrisi Tinggi Protein untuk Jaga Massa Otot

Pada dasarnya, protein berguna untuk membentuk dan merawat otot, organ tubuh, kulit dan juga hormon. Namun, untuk orang tua, manfaat yang paling penting ada pada kemampuan protein menjaga kekuatan otot. Hal ini dikarenakan para orang tua yang melewati usia paruh baya akan mengalami penurunan massa otot sekitar 3 persen setiap tahunnya lantaran faktor usia. Kondisi ini disebut juga sebagai sarcopenia. Entrasol Platinum mengandung nutrisi tinggi protein yaitu sebesar 12gr/saji untuk menjaga massa otot dan daya tahan tubuh lansia

  1. Mengandung Tinggi Kalsium dan Vitamin D untuk Daya Tahan Tubuh

Kalsium dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi serta vitamin D juga berguna untuk membantu penyerapan kalsium, sehingga dapat membantu menjaga kekuatan tulang Anda. Selain itu vitamin D juga mampu untuk mendukung fungsi sistem imun, sehingga juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Anda

  1. Rendah Laktosa sehingga nyaman di perut Lansia

Orang tua memang cenderung memiliki gangguan saat menyerap laktosa yang umumnya ada pada susu, sehingga Entrasol Platinum pun sudah diformulasikan dengan kandungan laktosa yang rendah sehingga nyaman diperut orang tua ataupun lansia yang tidak biasa konsumsi susu.

  1. Mengandung Omega 3&6 serta Vitamin lainnya untuk Nutrisi Lengkap dan Seimbang

Untuk membantu melengkapi asupan vitamin dan mineral harian Anda, Entrasol juga dirancang dengan omega 3&6 untuk  menjaga kesehatan, menghindari risiko penyakit, serta meningkatkan kinerja fungsi otak.

Tidak hanya itu, Entrasol Platinum juga dilengkapi dengan 11 vitamin dan 8 mineral. Setiap vitamin dan mineral ini memiliki manfaatnya masing-masing serta sangat dibutuhkan oleh tubuh. Adapun yang termasuk dari vitamin dan mineral tersebut, yakni: vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, zinc, selenium, zat besi, kalsium, fosfor, dan masih banyak lagi.

Demikian alasan mengapa Entrasol Platinum merupakan pilihan nutrisi tepat untuk lansia yang bisa Anda pertimbangkan.Entrasol Platinum hadir dalam dua varian rasa yaitu Vanilla dan Coklat sesuai dengan kebutuhan Anda. Entrasol Platinum dapat ditemukan dengan mudah di minimarket, toko terdekat, ataupun Ecommerce kesayangan Anda. Yuk, penuhi kebutuhan gizi penting untuk lansia dengan Entrasol Platinum untuk tetap dapat fit & produktif setiap hari.