Faktor yang dapat menyebabkan masalah gizi pada orang tua

Malnutrisi atau kekurangan bukanlah masalah yang sepele karena kondisi ini sangat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang, terutama seorang lansia.

Kekurangan gizi  pada orang – orang yang termasuk kedalam golongan lansia merupakan keadaan yang sangat mengkhawatirkan karena tidak cukupnya zat gizi dalam makanan yang masuk ke dalam tubuh. Terjadinya gangguan gizi selalu memiliki penyebab dan untuk mengatasi masalah tersebut tentunya penting untuk mengidentifikasi terlebih dahulu penyebab kekurangan gizi pada seorang lansia

Faktor Yang Menjadi Penyebab Masalah Gizi Pada Lansia

Kurang Pengetahuan tentang Gizi Pangan

Masih banyak masyarakat yang kurang memiliki pengetahuan tentang gizi dan nutrisi makanan. Tidak hanya untuk keluarga menengah ke bawah, keluarga yang notabene berpenghasilan cukup atau lebih juga banyak yang menyajikan banyak makanan dengan seenaknya dan seadanya. Hal inilah yang kemudian dapat menjadi penyebab gangguan gizi pada lansia.

Kesulitan Menelan

Penyebab gizi buruk bukan hanya faktor pengetahuan akan gizi pada makanan. Bahkan, orang – orang lansia pun bisa mengalami malnutrisi jika memiliki riwayat disfagia. Disfagia adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan menelan sehingga cenderung makan lebih sedikit. Ketika seseorang mengalami disfagia, otomatis menjadi sulit menelan dan meningkatkan risiko malnutrisi. Penyebab utamanya diduga karena penyumbatan yang terjadi di tenggorokan. Terkadang luka di mulut atau tenggorokan bisa menjadi pemicu disfagia ini dimana jika dibiarkan terlalu lama bisa mengurangi asupan makanan sehingga nutrisi yang baik tidak bisa terpenuhi.

Hilangnya Nafsu Makan

Ada berbagai alasan mengapa seseorang memiliki nafsu makan yang terus-menerus. Kehilangan nafsu makan dalam jangka panjang bisa berakibat fatal bagi tubuh dimana tubuh jelas akan kekurangan nutrisi. Jika Anda sudah mencoba cara meningkatkan nafsu makan tetap tidak berhasil, Anda perlu mempertanyakan kondisi ini. Biasanya ada beberapa penyebab umum seseorang mengalami penurunan nafsu makan, antara lain:

penyakit ginjal

Infeksi kronis

penyakit hati

Penyakit mental, seperti depresi atau stres.

Tumor

Kanker

Kehilangan nafsu makan secara tiba-tiba dapat terjadi karena kondisi penyakit tertentu dalam tubuh. Sebelum mengalami gizi buruk, maka Anda bisa mencoba memeriksakan diri ke dokter agar mengetahui jelas apa akar masalahnya.

Penyalahgunaan Narkoba dan Alkohol

Narkoba dan alkohol yang disalahgunakan juga dapat membuat seseorang menderita kondisi gizi buruk. Ketika seseorang mengalami penyalahgunaan obat-obatan atau alkohol hingga kecanduan kronis, tidak heran jika mereka akhirnya menjadi kurang gizi. Asupan obat-obatan dan alkohol akan menjadi yang paling dominan dalam tubuh seseorang.

Kesukaan berlebihan terhadap makanan tertentu

Menyukai makanan tertentu boleh saja, namun jika menyukainya secara berlebihan, hal ini akan berdampak negatif. Dari sinilah akhirnya semua nutrisi yang sebenarnya dibutuhkan tubuh menjadi tidak lengkap. Sebaiknya hindari kebiasaan pilih – pilih makanan yang akan dikonsumsi, selama makanan tersebut sehat dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Itulah tadi beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan gizi pada orang – orang lansia. Pemenuhan kebutuhan gizi harian yang cukup merupakan salah satu kunci agar kesehatan lansia bisa terjaga dengan baik sehingga mereka dapat menjalani aktivitasnya tanpa hambatan yang berarti. 

Pemenuhan kebutuhan gizi lansia dapat dipenuhi melalui asupan nutrisi tambahan salah satunya dari Entrasol Platinum. Ingin tahu alasan Entrasol Platinum adalah pilihan yang tepat untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi lansia? Simak alasannya berikut ini!

  1. Mengandung Ekstrak Buah Zaitun untuk Jaga Kesehatan Jantung

Entrasol Platinum sebagai satu-satunya produk nutrisi dewasa yang mengandung kebaikan Ekstrak Buah Zaitun. Faktanya, Ekstrak Buah Zaitun sebagai antioksidan alami memiliki kandungan asam oleat dan polifenol yang mampu mencegah peradangan serta bahaya radikal bebas. Ekstrak Buah Zaitun dipercaya dapat menangkal radikal bebas 4x lebih kuat dibandingkan dengan Vitamin C. Tidak hanya itu, Ekstrak Buah Zaitun juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan jantung sudah lama diteliti oleh para ilmuwan. Dilansir dari Harvard Health Publishing, minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dalam jumlah cukup tinggi, sekitar 75 persen. Lemak tak jenuh tunggal membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga rutin mengkonsumsi ekstrak atau minyak zaitun juga memiliki risiko 21 persen lebih rendah menderita penyakit jantung koroner.

  1. Mengandung Nutrisi Tinggi Protein untuk Jaga Massa Otot

Pada dasarnya, protein berguna untuk membentuk dan merawat otot, organ tubuh, kulit dan juga hormon. Namun, untuk orang tua, manfaat yang paling penting ada pada kemampuan protein menjaga kekuatan otot. Hal ini dikarenakan para orang tua yang melewati usia paruh baya akan mengalami penurunan massa otot sekitar 3 persen setiap tahunnya lantaran faktor usia. Kondisi ini disebut juga sebagai sarcopenia. Entrasol Platinum mengandung nutrisi tinggi protein yaitu sebesar 12gr/saji untuk menjaga massa otot dan daya tahan tubuh lansia

  1. Mengandung Tinggi Kalsium dan Vitamin D untuk Daya Tahan Tubuh

Kalsium dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi serta vitamin D juga berguna untuk membantu penyerapan kalsium, sehingga dapat membantu menjaga kekuatan tulang Anda. Selain itu vitamin D juga mampu untuk mendukung fungsi sistem imun, sehingga juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Anda

  1. Rendah Laktosa sehingga nyaman di perut Lansia

Orang tua memang cenderung memiliki gangguan saat menyerap laktosa yang umumnya ada pada susu, sehingga Entrasol Platinum pun sudah diformulasikan dengan kandungan laktosa yang rendah sehingga nyaman diperut orang tua ataupun lansia yang tidak biasa konsumsi susu.

  1. Mengandung Omega 3&6 serta Vitamin lainnya untuk Nutrisi Lengkap dan Seimbang

Untuk membantu melengkapi asupan vitamin dan mineral harian Anda, Entrasol juga dirancang dengan omega 3&6 untuk  menjaga kesehatan, menghindari risiko penyakit, serta meningkatkan kinerja fungsi otak.

Tidak hanya itu, Entrasol Platinum juga dilengkapi dengan 11 vitamin dan 8 mineral. Setiap vitamin dan mineral ini memiliki manfaatnya masing-masing serta sangat dibutuhkan oleh tubuh. Adapun yang termasuk dari vitamin dan mineral tersebut, yakni: vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, zinc, selenium, zat besi, kalsium, fosfor, dan masih banyak lagi.

Demikian alasan mengapa Entrasol Platinum merupakan pilihan nutrisi tepat untuk lansia yang bisa Anda pertimbangkan.Entrasol Platinum hadir dalam dua varian rasa yaitu Vanilla dan Coklat sesuai dengan kebutuhan Anda. Entrasol Platinum dapat ditemukan dengan mudah di minimarket, toko terdekat, ataupun Ecommerce kesayangan Anda. Yuk, penuhi kebutuhan gizi penting untuk lansia dengan Entrasol Platinum untuk tetap dapat fit & produktif setiap hari.