Hal yang Sebaiknya Dilakukan Agar Jantung Tetap Sehat

Ditulis oleh Admin

Hal yang Sebaiknya Dilakukan Agar Jantung Tetap Sehat

Jantung merupakan salah satu organ vital di tubuh Anda yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah. Tak lupa juga jantung memiliki fungsi memasok oksigen serta nutrisi ke jaringan di tubuh dan membuang zat atau limbah. Melihat pentingnya organ manusia yang terletak di bagian tengah dada di tubuh Anda ini maka tentu saja Anda wajib berupaya menjaga agar jantung tetap sehat dan dapat berfungsi semestinya.

Namun kira-kira apa yang sebaiknya dilakukan agar jantung tetap sehat?
Untuk menjawab pertanyaan di atas, pada dasarnya terdapat sejumlah langkah yang Anda bisa lakukan demi memastikan detak jantung di tubuh Anda tak berada dalam ancaman penyakit jantung. Di mana langkah ini termasuk memperhatikan asupan Anda bahkan hingga kegiatan sehari-hari Anda di kantor. Penasaran apa saja yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan jantung Anda? Perhatikan hal berikut di bawah ini.

Hal yang Baik dilakukan Agar Jantung Sehat

Cek Makanan Anda

Dari sisi makanan, aspek yang penting untuk menjaga kesehatan jantung adalah banyak makan sayur dan buah. Kedua bahan makanan ini merupakan sumber vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh Anda, bahkan buah dan sayur juga rendah kalori dan kaya akan serat. Jadi dengan banyak mengonsumsi buah serta sayur segar, Anda dapat mencegah potensi terkena penyakit jantung. Selain itu tak lupa juga untuk mencegah obesitas yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung Anda, pastikan porsi makanan Anda tidak berlebihan.

Dari sisi makanan, ada juga yang diusahakan untuk dihindari. Pada dasarnya saat Anda makan, lemak memang bisa menjadi aspek yang penting dalam asupan Anda, bahkan ini termasuk lemak tak jenuh. Tapi ada satu jenis lemak yang harus dihindari demi memastikan tidak terkena penyakit jantung serta stroke. Lemak yang dimaksud adalah lemak trans alias trans fat yang dapat meningkatkan kadar kolestrol jahat dan menurunkan kadar kolestrol baik. Makanan populer yang banyak kandungan lemak trans adalah margarin, keripik kentang kemasan, pizza, hingga makanan cepat saji.

Olahraga

Aktivitas yang satu ini menjadi salah satu elemen penting demi memastikan kebugaran serta kesehatan Anda terjaga. Dari sekian banyak olahraga yang bisa Anda lakukan, terdapat olahraga yang memang cocok untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Dengan salah satunya adalah olahraga aerobik yang memang bisa meningkatkan sirkulasi jantung yang mampu menurunkan tekanan darah.
 
Contoh olahraga aerobik yang bisa Anda lakukan adalah jalan cepat, berlari atau jogging, berenang, bersepeda, bermain tenis, dan lompat tali. Demi memastikan kesehatan jantung terjaga, lakukan olahraga aerobik sekitar 30 menit setiap harinya dengan minimal lima hari dalam satu pekan.

Perhatikan Kesehatan Gigi

Mungkin Anda bertanya apa hubungannya gigi dengan kesehatan jantung? Pada dasarnya kesehatan gigi Anda menjadi salah satu indikasi penting untuk melihat kesehatan diri, termasuk jantung. Mengingat orang-orang yang mengidap penyakit periodontal atau infeksi gusi serius sering memiliki potensi terkena penyakit jantung. Apalagi terdapat studi yang mengungkapkan bahwa bakteri di mulut yang memiliki peran dalam memicu penyakit di gusi dapat terbawa ke aliran darah dan memicu peningkatan protein CRP sehingga menyebabkan peradangan di pembuluh darah yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh karena itulah pastikan Anda memperhatikan kesehatan gigi yang ditambah dengan flossing.

Jaga Kualitas Tidur

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan begadang, mungkin karena aktivitas tertentu seperti bermain video games, kerja lembur, atau menonton pertandingan olahraga favorit Anda maka harus berhati-hati karena kegiatan ini bisa mempengaruhi kesehatan jantung Anda ke depannya. Pasalnya, tidur merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan jantung agar tidak terkena ancaman penyakit kardiovaskular bahkan bagi yang masih berusia muda!
Terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa dari ribuan orang dewasa yang berusia di atas 45 tahun dengan pola tidur kurang dari enam jam setiap harinya memiliki potensi terkena serangan jantung dua kali lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur normal sekitar enam sampai delapan jam per malamnya.

Peneliti memandang situasi ini dipengaruhi kurangnya tidur dapat mengganggu sistem biologis di tubuh Anda, contohnya adalah tekanan darah. Jadi usahakan Anda memiliki kualitas tidur yang optimal dengan minimal tidur tujuh jam setiap malamnya. 

Bagi Anda yang khawatir kekurangan asupan kalsium, Anda bisa mendapatkannya secara mudah dengan mengkonsumsi Entrasol Quickstart tiap hari. Kandungan nutrisi tinggi kalsium dan vitamin D di dalamnya membantu Anda untuk meningkatkan kepadatan tulang & gigi sehingga dapat menjalani hari-hari dengan lancar tanpa takut kekurangan kalsium.
Entrasol Quickstart diperkaya dengan Pro-Fit Formula yang mengandung Omega 3 dan Omega 6 serta dilengkapi dengan 12 vitamin dan 3 mineral yang penting bagi tubuh Anda. Jadikan Entrasol Quickstart sebagai sumber kalsium harian yang tinggi dan praktis.

 

22 March 2022 - 0 views 3 min to read

Share: