Kebiasaan Sehari – Hari Yang Dapat Mengurangi Kekebalan Tubuh

Sistem imun adalah kemampuan tubuh untuk menangkal segala macam kuman yang akan masuk ke dalam tubuh. Jika daya tahan tubuh baik, maka tubuh akan selalu sehat. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga daya tahan tubuh agar dapat menjalankan aktivitas sehari-hari secara optimal.

Masih banyak orang yang tidak menyadari betapa pentingnya menjaga daya tahan tubuh. Padahal, jika Anda terkesan cuek dalam menjaga sistem imun, akibatnya sistem imun akan menurun. Yang bisa Anda lakukan adalah perlahan-lahan melakukan perubahan gaya hidup yang dapat menurunkan daya tahan tubuh.Setiap orang melakukan segala cara untuk menjaga daya tahan tubuhnya, seperti mengonsumsi minuman herbal hingga membeli suplemen.

Suplemen yang sering diandalkan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah yang mengandung vitamin C. Mengapa vitamin C penting? Karena tidak hanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh,Membantu Mengelola Tekanan Darah Tinggi dan mengurangi risiko penyakit.

Namun, apakah Anda termasuk orang yang memiliki daya tahan tubuh yang baik? Berikut adalah kebiasaan sehari-hari yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda.

Kurang Istirahat atau Tidur

Di masa pandemi yang memaksa setiap orang untuk mengurangi mobilitas atau cenderung berdiam diri di rumah, justru membuat masyarakat lebih memilih menghabiskan waktu untuk menonton film atau bermain game sehingga waktu istirahat menjadi lebih sedikit. Padahal, menjaga tidur yang cukup dapat membantu tubuh menjadi lebih siap melawan virus.

Di sisi lain, jika Anda tidak cukup tidur, Anda bisa menjadi lebih rentan terhadap sejumlah kondisi seperti diabetes, obesitas, dan depresi. Secara umum, orang dewasa membutuhkan minimal tujuh hingga sembilan jam tidur setiap malam. Jika Anda tidak ingin lebih mudah sakit, hindari kurang tidur atau begadang.

Merokok

Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok dapat menyebabkan segudang masalah kesehatan. Karena kandungan dalam sebatang rokok dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini membuat perokok lebih rentan terhadap virus. Selanjutnya, merokok dapat menembus garis pertahanan pertama sistem kekebalan tubuh, yaitu mulut dan hidung.

Jika kebiasaan merokok terus berlanjut, sistem kekebalan tubuh bahkan akan mengalami kesalahan saat sistem menyerang paru-paru. Hal ini dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronik atau penyakit pernapasan yang sulit diobati.

Stress

Seperti diketahui, tingkat stres yang tinggi dapat menurunkan respon imun tubuh. Anda juga mungkin menjadi lebih rentan terhadap pilek atau virus lainnya. Saat Anda stres, tubuh Anda akan memproduksi lebih banyak kortisol dari biasanya, sehingga sel imun seperti sel B dan sel T rusak. Inilah yang menyebabkan tubuh Anda menjadi lebih rentan terhadap virus atau penyakit.

Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi stres adalah dengan berolahraga secara teratur. Anda bisa mencoba berolahraga selama 30 menit setiap hari. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga bisa efektif menurunkan tingkat stres.

Mengkonsumsi Alkohol

Sistem kekebalan tubuh Anda dapat menurun jika Anda minum alkohol secara berlebihan. Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menghilangkan lapisan kerongkongan dan mulut, sehingga memudahkan virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh.

Malas berolahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama menjaga daya tahan tubuh. Jika Anda tergolong orang yang jarang berolahraga, mulailah lebih rajin. Kurang olahraga membuat Anda lebih rentan mengalami obesitas, diabetes tipe 2, hipertensi, dan lainnya.

Dengan melakukan olahraga secara teratur yaitu 30 menit setiap hari, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dalam menangkal bakteri dan virus. Selain membuat tubuh tidak mudah sakit, olahraga juga dapat menurunkan tingkat stres dan membantu meningkatkan kualitas tidur. Kedua hal ini sama pentingnya dalam membangun sistem kekebalan yang lebih kuat.

Diet Tidak Teratur

Tidak apa-apa makan makanan beku atau jenis makanan instan lainnya. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsinya. Jenis makanan ini memiliki kandungan garam dan gula yang tinggi serta rendah nutrisi. Sistem kekebalan tubuh bisa melemah jika terlalu banyak mengonsumsi gula dan garam berlebihan.

Salah satu cara efektif untuk menjaga imunitas adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi anda secara mudah dengan konsumsi Entrasol Platinum Nutrisi Tinggi Protein dengan Ekstrak Buah Zaitun dari Entrasol Platinum. Entrasol Platinum mengandung protein (12gr/saji) yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan massa otot.

Kandungan ekstrak buah zaitun di dalam Entrasol Platinum merupakan antioksidan kuat yang mampu menangkal radikal bebas 4 kali lebih kuat dari vitamin C dan menjaga kesehatan jantung. Nutrisi ini juga dilengkapi dengan asupan serat tinggi, omega 3 dan omega 6, seta rendah laktosa sehingga nyaman di perut.