Yuk, Kenali 6 Aktivitas Berat yang Harus Dihindari Oleh Orang Tua

Olahraga merupakan aktivitas terbaik yang bisa dilakukan oleh seluruh usia, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua. Beda halnya dengan anak kecil dan orang dewasa, ada beberapa jenis olahraga atau aktivitas berat yang harus dihindari oleh orang tua.

Sebab, kondisi tubuh orang tua sudah tidak maksimal seperti pada masa muda. Namun tetap saja, saat orang tua berolahraga, mereka akan mendapatkan berbagai manfaat baik, seperti di bawah ini.

  • Meningkatkan tekanan darah
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
  • Mengurangi risiko terkena diabetes
  • Meminimalisir kemungkinan patah tulang
  • Mengurangi risiko sakit
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Meningkatkan kesehatan mental
  • Mengurangi depresi
  • Meningkatkan daya ingat
  • Tidak mudah lelah
  • Potensi risiko kanker yang lebih rendah
  • Tubuh jadi lebih sehat

Dengan segudang manfaat tersebut, bagaimana Anda jadi tidak tergoda untuk berolahraga, bukan? Bahkan, semakin banyak aktivitas fisik yang dilakukan, kesehatan tubuh pun akan meningkat jadi lebih baik.

Nah, mengutip dari CDC, laman kesehatan resmi dari Amerika Serikat, orang tua yang berusia 65 tahun atau lebih dari 65 tahun memerlukan olahraga ringan yang rutin dilakukan, seperti rekomendasi di bawah ini.

  • Aktivitas intensitas sedang seperti jalan cepat selama 150 menit dalam seminggu. Misalnya, bisa dimulai dengan 30 menit dalam sehari dan 5 hari dalam seminggu.
  • Berlari setidaknya 75 menit dalam seminggu
  • Aktivitas yang memperkuat otot setidaknya 2 hari dalam seminggu
  • Aktivitas untuk meningkatkan keseimbangan seperti berdiri dengan satu kaki sekitar 3 hari dalam seminggu.

Namun, ada beberapa jenis aktivitas berat lainnya yang juga harus dihindari oleh orang tua agar meminimalisir kemungkinan adanya nyeri sendi. Kira-kira, apa saja aktivitas berat yang perlu dihindari? Yuk, cari tahu selengkapnya di bawah ini.

  1. Ekstensi Kaki

Ekstensi kaki adalah salah satu jenis aktivitas berat menggunakan mesin ekstensi kaki yang harus dihindari oleh orang tua. Memang, gerakannya ini sangat baik untuk memperkuat paha depan. Namun, penggunaan mesinnya ini harus duduk sambil merentangkan kaki ke atas sehingga memberikan tekanan lebih pada tempurung lutut yang menyebabkan keausan atau nyeri.

  1. Sit-up

Memang, sit up menjadi pilihan mudah untuk Anda yang ingin membangun massa otot di bagian perut dan pinggul. Namun, sit up termasuk ke aktivitas berat yang harus dihindari orang tua karena gerakannya menarik leher dan menggunakan otot pinggul bawah untuk menarik diri ke atas. Gerakan ini bisa menjadi masalah karena akan timbul penyempitan sumsum tulang belakang.

  1. Pull Up

Pull up merupakan gerakan angkat badan menggunakan media tiang untuk melatih otot punggung. Meskipun bermanfaat, jenis olahraga yang satu ini bisa memberikan terlalu banyak tekanan pada bagian bahu depan dan bisa menyebabkan cedera. Jadi, Anda bisa menghindari jenis olahraga ini supaya tulang tidak kram seketika.

  1. Angkat Beban Terlalu Berat

Pada dasarnya, mengangkat beban memang diperbolehkan untuk segala usia. Namun, jika Anda sudah menyentuh usia lebih dari 50 tahun, usahakan untuk memilih berat beban yang lebih ringan supaya bisa melakukan 10 sampai 12 kali pengulangan dengan maksimal.

Sebab, mengangkat beban yang terlalu berat bisa menyebabkan kerusakan otot, sendi, cedera tulang belakang, hingga merobek arteri jantung untuk contoh kasus yang cukup berat. 

  1. Berlari

Untuk seseorang yang sudah terbiasa berlari dalam tempo cepat setiap harinya, maka melakukan kebiasaan ini setiap harinya tidak akan bermasalah. Namun, untuk Anda yang jarang berolahraga, berlari bisa meningkatkan risiko terkena cedera pada bagian kaki.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa berlari, lho. Jika Anda sudah memasuki usia 50 atau lebih, maka Anda tetap bisa melakukannya dengan cara memperlambat kecepatan atau ubahlah dengan berjalan. Tak lupa, Anda juga perlu melakukan pemanasan dahulu sebelum akhirnya memulai aktivitas berlari atau berjalan.

  1. Overhead Press

Sebagian besar orang tua sering kali mengalami cedera pada bagian ligamen yang mengelilingi sendi bahu. Kondisi cedera bisa terjadi karena Anda mengangkat beban terlalu berat, seperti aktivitas overhead press atau mengangkat dumbbell karena adanya tekanan yang terlalu kencang pada beberapa bagian sendi.

Nah, itu dia keenam aktivitas berat yang harus dihindari oleh orang tua demi menjaga kesehatan tubuh. Daripada membahayakan kesehatan, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas alternatif lainnya lho, seperti yoga, berjemur di bawah sinar matahari pagi, hingga bersepeda.

Bahkan, mengutip dari jurnal Geriatric Cyclists: Assessing Risks, Safety, and Benefits (2018), lansia yang rutin bersepeda mampu memperkuat otot paha dan meningkatkan fungsi kardiovaskular dengan baik.

Seluruh aktivitas ringan untuk orang tua bisa menghasilkan sesuatu yang maksimal jika Anda juga mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi, seperti serat dan vitamin. Tak hanya dari makanan, Anda juga bisa mendapatkan nutrisi baik tersebut dengan mengkonsumsi Entrasol, lho.

Sebab, minuman yang satu ini mengandung nutrisi lengkap mulai dari kalsium,protein, vitamin D, serat, mineral, hingga omega 3 dan 6 untuk meningkatkan fungsi jantung dan otak.

Wah, jadi terbayang ‘kan, bagaimana hasil yang bisa didapat dari mengkombinasikan antara pola hidup yang sehat, makan makanan bergizi, serta mengkonsumsi susu Entrasol? Selain mendapatkan kesehatan tubuh dari luar, Anda juga bisa menyehatkan tubuh bagian dalam. 
Yuk, mulai konsumsi Entrasol dari sekarang karena tubuh yang kuat dimulai dari diri kita sendiri.