Laktosa Intoleran, Pengertian Serta Jenis-jenis Makanan yang Cocok Untuk Dikonsumsi Penderitanya

Ditulis oleh Admin

Laktosa Intoleran, Pengertian Serta Jenis-jenis Makanan yang Cocok Untuk Dikonsumsi Penderitanya

Walaupun susu mempunyai bermacam khasiat yang terdapat di dalamnya, tetapi tidak semua orang bisa mengonsumsi susu dan produk olahannya. Perihal ini umumnya diakibatkan terdapat intoleransi laktosa yang mengakibatkan seseorang wajib menjauhi makanan dan minuman dengan isi susu di dalamnya.

Intoleransi laktosa sendiri ialah suatu kendala sistem pencernaan, di mana badan dengan secara natural tidak sanggup memproduksi enzim laktase yang cukup pada usus lembut. Sementara, terdapatnya enzim itu amat bermanfaat dalam mengurai laktosa. Laktosa sendiri merupakan gula natural yang tercantum dalam susu dan produk turunannya. Akibatnya, orang yang memiliki kondisi laktosa intoleran akan mengalami diare, perut bergas, dan kembung setelah makan atau minum susu dan produk - produk olahannya. Kondisi ini juga disebut sebagai malabsorpsi laktosa

Di dalam tubuh seseorang, laktosa sudah semestinya dapat diurai jadi glukosa serta galaktosa yang wujudnya lebih simpel. Tetapi karena enzim laktase tidak lumayan, laktosa jadi tidak bisa diurai dan menjadi penyebab timbulnya bermacam kendala. Itulah kenapa, bila Anda mengidap kendala kesehatan ini, ada bagusnya untuk mengonsumsi bermacam tipe makanan bebas laktosa.

Terdapat berbagai tipe makanan bebas laktosa yang dapat dikonsumsi. Tidak hanya itu, berbagai kandungan di dalam tipe makanan bebas laktosa itu juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi badan tiap harinya.

Berikut ini merupakan beberapa makanan bebas laktosa yang dapat jadi opsi bila ada merupakan seseorang yang mempunyai kondisi laktosa intoleran 

Rekomendasi Makanan yang Bisa Dikonsumsi oleh Penderita Laktosa Intoleran

Ikan

Tidak hanya sayur- mayur hijau, makanan bebas laktosa yang lain yang dapat penuhi kebutuhan kalsium Anda, yakni ikan. Jenis ikan yang memiliki banyak kalsium antara lain sarden, salmon, serta tuna. Ikan-ikan tersebut memiliki kandungan kalsium serta vit D yang besar.

Tiap separuh kaleng ikan sarden memiliki kurang lebih 300 miligram kalsium. Maka dari itu, Anda bisa tambahkan ikan serta makanan laut yang lain ke dalam menu tiap hari buat penuhi kebutuhan kalsium Anda.

Kacang- kacangan

Bila timbul keinginan untuk ngemil, hendaknya jauhi cokelat, permen, kue kering, ataupun biskuit yang umumnya memiliki kandungan susu. Salah satu opsi camilan yang sangat baik serta cocok untuk pengidap intoleransi laktosa ialah kacang- kacangan.

Tidak hanya bebas laktosa, kacang-kacangan juga memiliki banyak protein serta lemak menyehatkan serta baik untuk tubuh. Makanan ini pula dapat memenuhi konsumsi kalsium yang tidak Anda dapatkan dari susu sapi.

Sorbet

Tidak butuh takut Anda tidak bisa menikmati dessert ataupun makanan dingin yang memiliki laktosa. Buat menu dessert  yang nyaman, Anda dapat coba sorbet dari juice buah- buahan tanpa susu sapi.

Sorbet ialah camilan dingin yang menyehatkan sekaligus ramah untuk pencernaan Anda yang mengidap intoleransi laktosa. Tidak hanya itu, sorbet juga banyak memiliki kandungan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh.

Jadi, jika Anda suatu saat ingin meminum susu atau makan sereal yang dicampur dengan susu, ada baiknya Anda gunakan susu dari kacang-kacangan. Anda juga bisa meracik kopi susu, teh, jus, atau minuman lainnya dengan campuran susu almond, kedelai, atau mete.

Anda juga bisa mengganti susu dengan laktosa yang biasa Anda konsumsi dengan Entrasol Gold karena kandungan rendah laktosa. Di samping itu, Kandungan nutrisi tinggi kalsium dan Vitamin D didalamnya mampu membantu Anda untuk menjaga kepadatan tulang sehingga dapat menjalani hari-hari dengan lancar tanpa takut kekurangan kalsium.

Entrasol Gold diperkaya dengan kandungan ekstrak buah zaitun yang dapat menjaga Anda dari paparan radikal bebas 4x lebih kuat dibandingkan dengan Vitamin C serta bagus untuk menjaga kesehatan jantung Anda. 

Selain itu, Entrasol Gold juga hadir dalam berbagai varian rasa yang bisa Anda nikmati, yaitu rasa vanilla, original, dan cokelat. Entrasol Gold juga sudah dilengkapi dengan Pro-Fit Formula yang mengandung omega 3&6, tinggi serat serta lebih rendah gula dan dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi kalsium harian yang praktis. 

06 December 2022 - 0 views 3 min to read

Share: