Manfaat dan Kebaikan Yang Bisa Didapatkan dari Asam Lemak Omega 3

Ditulis oleh Admin

Manfaat dan Kebaikan Yang Bisa Didapatkan dari Asam Lemak Omega 3

Omega 3 merupakan asam lemak tak jenuh ganda yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Asam lemak tak jenuh ini berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan otak. Omega 3 dapat Anda temukan pada makanan seperti telur, minyak zaitun, kacang kedelai, dan biji-bijian. Omega 3 juga terkandung pada makanan laut, yaitu ikan sarden, salmon, tuna dan mackerel.

Tahukah Anda, American Heart Association menganjurkan untuk mengkonsumsi dua porsi ikan berlemak dalam seminggu. Anda bisa mengolah ikan tersebut dengan cara dipanggang atau dikukus agar kandungan lemak baik di dalamnya tetap terjaga. 

Asam lemak omega 3 terbagi menjadi tiga jenis, yaitu asam alfa-linolenat (ALA), asam dokosaheksaenoat (DHA), dan asam eikosapentanoat (EPA). Umumnya, asam alfa-linolenat (ALA) terkandung pada biji-bijian, sementara asam dokosaheksaenoat (DHA) dan asam eikosapentanoat terkandung pada bahan pangan hewani. Omega 3 merupakan salah satu nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat dari lemak omega 3 untuk tubuh ? Ketahui manfaat asam lemak omega 3 untuk tubuh dengan membaca ulasan di bawah ini.

Manfaat Asam Lemak Omega 3 Untuk Tubuh

1. Memelihara Kesehatan dan Fungsi Otak

Otak memerlukan asupan nutrisi yang cukup agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Organ vital pada tubuh manusia ini berperan untuk mengatur seluruh sistem dalam tubuh, mulai dari sistem pernapasan hingga sistem reproduksi. Mendapat asupan omega-3 yang sesuai diketahui baik dalam memelihara fungsi otak, yakni meningkatkan daya ingat dan daya konsentrasi serta menurunkan risiko terjangkit penyakit pada otak  seperti penyakit Alzheimer.

2. Menjaga kesehatan mata 

Asam lemak omega 3 yang terdapat pada minyak ikan dapat mencegah penyakit mata, yaitu degenerasi makula. Degenerasi makula adalah gangguan penglihatan yang terjadi pada orang lanjut usia (lansia) sehingga membuat pandangan terlihat buram. Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan membaca, menulis, bahkan mengenali wajah seseorang.

3. Memperkuat Sendi dan Tulang

Omega 3 membantu memperkuat tulang dengan meningkatkan kadar kalsium pada tulang sehingga terlindungi dari risiko osteoporosis. Di samping itu, omega 3 juga mengurangi rasa nyeri pada persendian akibat peradangan. Omega 3 meredakan peradangan pada penderita artritis (radang sendi) sehingga keluhan rasa nyeri menjadi berkurang.

4. Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Asam lemak Omega 3 menjadi salah satu nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Omega 3 meningkatkan imunitas yang membantu melawan virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh. Bakteri dan virus merupakan penyebab munculnya penyakit pada manusia.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi Omega 3 secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung atau strok karena omega 3 dapat  membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang mengalir di dalam darah dan berfungsi menyimpan kalori dan menyuplai energi untuk tubuh. Apabila kadar trigliserida dalam darah terlalu tinggi, maka risiko terserang penyakit jantung dan stroke juga meningkat.

Omega 3 merupakan jenis asam lemak esential yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Asam lemak esensial merupakan jenis asam lemak yang tidak dapat diproduksi secara alami  oleh tubuh sehingga Anda perlu mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung asam lemak ini. Meskipun baik untuk kesehatan, mengkonsumsi omega 3 secara berlebihan tidak disarankan karena dapat memunculkan beberapa efek samping seperti mual, muntah, dan sakit kepala.

Jaga asupan nutrisi omega 3 dalam tubuh Anda dengan mengkonsumsi susu tinggi nutrisi Entrasol Gold dan Entrasol Platinum.

Entrasol Gold merupakan susu nutrisi tinggi omega 3 & omega 6 yang baik untuk fungsi jantung dan otak serta ekstrak buah zaitun pada Entrasol Gold berfungsi sebagai antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas 4 kali lebih kuat dari vitamin C dan melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Selain itu, Entrasol Gold juga tinggi kalsium & vitamin D untuk mencegah osteoporosis, tinggi serat-nya yang baik untuk kesehatan pencernaan, serta 10 vitamin & 5 mineral juga baik untuk menjaga fungsi metabolisme tubuh.

Entrasol Platinum juga merupakan susu nutrisi tinggi omega 3 & omega 6 yang baik untuk fungsi jantung dan otak dan tinggi protein protein (12 gram/saji) yang membantu menjaga massa otot. Kandungan ekstrak buah zaitun di dalam Entrasol Platinum merupakan antioksidan kuat yang mampu menjaga kesehatan jantung, menangkal radikal bebas 4 kali lebih kuat dari vitamin C, serta melancarkan peredaran darah.

Entrasol Gold dan Entrasol Platinum membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk dapat terus fit & produktif. Jalani aktivitas sehari-hari tanpa takut kekurangan nutrisi dengan Entrasol Gold dan Entrasol Platinum.

06 December 2022 - 0 views 3 min to read

Share: