Manfaat Penting Kalsium Bagi Tubuh

Ditulis oleh Admin

Manfaat Penting Kalsium Bagi Tubuh

Kalsium adalah salah satu nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan serta pertumbuhan dan perkembangan tulang & gigi. Bagi seseorang yang masuk dalam rentang umur masa pertumbuhan, kebutuhan akan kalsium merupakan salah satu faktor penting guna memastikan pertumbuhan tubuh berkembang secara maksimal.

Dalam keseharian kita pun membutuhkan asupan kalsium yang cukup. Oleh karena itu kita juga harus mengetahui kira - kira berapa kadar kalsium harian yang tepat. Jika anda masih bingung atau belum mengetahui hal tersebut anda bisa berpatokan dengan mengikuti anjuran kadar kalsium harian berdasarkan kelompok umur dari International Osteoporosis Federation dibawah ini :

 

1 - 3 tahun : 700 mg per hari

4 - 8 tahun : 1,000 mg per hari

9 - 18 tahun : 1,300 mg per hari

19 - 50 tahun : 1,000 mg - 1,300 mg per hari

51 - 70 tahun : 1,200 mg per hari untuk wanita; 1,000 mg per hari untuk pria

di atas 71 tahun : 1,200 mg per hari

 

Lantas, benarkah jika ada asumsi bahwa dengan semakin banyak kita mengkonsumsi kalsium, maka pertumbuhan badan kita akan semakin cepat berkembang sehingga membuat badan kita menjadi semakin tinggi? lalu apakah kalsium bisa meninggikan badan seseorang?

Untuk anda yang ingin tahu dan penasaran dengan jawaban dari pertanyaan tersebut bisa cek penjelasan dibawah berikut.

Semakin Banyak Konsumsi Kalsium Maka Badan Akan Semakin Tinggi, Benarkah Hal Tersebut?

Asumsi dan pertanyaan dari kebanyakan orang ini sebenarnya kurang tepat. Kalsium memang merupakan salah satu unsur penting dalam tumbuh kembang tulang dan gigi seseorang secara maksimal. Apalagi pada saat seseorang sedang mengalami masa pertumbuhan tinggi badan yang pesat seperti pada masa pubertas. Akan tetapi lebih tepatnya untuk tinggi badan sendiri tidak hanya dipengaruhi oleh kalsium, tapi juga dari berbagai macam faktor lainnya seperti :

  • Jenis kelamin
  • Faktor genetik seperti tinggi badan ayah dan ibu masing - masing
  • Frekuensi aktivitas olahraga aktif seperti basket, renang, bersepeda atau lompat tali
  • Konsumsi nutrisi dan makanan sehat yang bergizi seimbang
  • Istirahat yang cukup

Tinggi badan seseorang sendiri akan berhenti bertambah saat lempeng pertumbuhan sudah menutup atau sekitar usia 16-21 tahun yang dapat bervariasi untuk tiap individual.

Perlu diketahui juga meskipun kalsium memang diperlukan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang & gigi serta tinggi badan yang optimal, tetapi terlalu banyak kalsium pun tidak begitu baik. Karena pada akhirnya asupan kalsium yang berlebih hanya akan dibuang oleh tubuh ke ginjal yang bisa meningkatkan resiko batu ginjal. Sehingga alangkah baiknya jika asupan kalsium ini didapatkan secara cukup dan tidak serta - merta dilakukan secara berlebihan.

Selain berguna dalam tumbuh kembang serta kesehatan tulang seseorang. Kalsium sendiri mempunyai berbagai macam manfaat baik lainnya. Untuk mengetahui apa saja manfaat dari kalsium sendiri, simak penjelasan kami berikut.

Manfaat Asupan Kalsium Yang Cukup Bagi Tubuh Seseorang.

1. Meningkatkan Kepadatan Tulang Serta Gigi

Tulang sendiri merupakan bagian tubuh yang berfungsi sebagai salah satu cadangan kalsium. Jika tubuh kita kekurangan kalsium, tubuh mengambil kalsium dari tulang dan gigi untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita akan kalsium. Apabila hal ini dibiarkan secara terus-menerus, tulang dapat menjadi lebih rapuh dan rawan patah. Hal ini juga mengakibatkan resiko Osteoporosis menjadi meningkat.

2. Membantu Untuk Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Kalsium juga mempunyai peranan dalam membantu mengaktifkan enzim-enzim penting dalam tubuh kita yang digunakan untuk memproduksi energi dan memperkuat sistem imun tubuh, sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Gejala orang yang kekurangan kalsium biasanya akan terlihat lemah, lesu, sering berkeringat, sering kram otot, dan susah untuk tidur.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Kardiovaskular

Kalsium memiliki fungsi penting dalam proses pembekuan darah. Selain itu kalsium juga memiliki peran dalam menjaga fungsi otot normal, kesehatan jantung dan sinyal saraf anda. Sehingga anda dapat terhindar dari resiko masalah kesehatan bagi tubuh anda.

4. Mengatasi peningkatan kadar asam lambung

Sejumlah gangguan pencernaan, seperti radang usus ataupun sakit maag, dapat menyebabkan naiknya kadar asam lambung, sehingga terkadang dibutuhkan asupan kalsium yang cukup. Asupan kalsium yang cukup sehingga dapat membuat anda terhindar dari masalah ini.

5. Menjaga Tekanan Darah Tubuh Anda

Kalsium sendiri juga sangat berperang penting dalam membantu mengurangi tekanan darah tinggi dengan mengendurkan otot polos yang mengelilingi pembuluh darah. Sehingga nantinya anda dapat terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi seperti hipertensi.

Setelah anda mengetahui betapa pentingnya fungsi kalsium bagi tubuh anda. Anda perlu memastikan agar tubuh anda tidak kekurangan kalsium dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang berkalsium tinggi tiap harinya. Hal ini berguna untuk memastikan tubuh anda senantiasa sehat dalam melaksanakan aktivitas sehari - hari anda.

Disamping itu anda juga membutuhkan vitamin D agar kalsium bisa diserap dengan baik dan maksimal oleh tubuh anda. Anda tidak perlu terlalu pusing karena kebanyakan makanan dan suplemen kalsium biasanya juga memiliki kandungan vitamin D. Anda juga bisa mendapatkan tambahan vitamin D paparan sinar matahari di pagi hari.

Bagi anda yang merasa khawatir dengan asupan kalsium harian anda dan membutuhkan sumber nutrisi berkalsium tinggi untuk memastikan agar tubuh tidak kekurangan kalsium. Tenang saja, anda bisa mendapatkannya secara mudah dengan mengkonsumsi Entrasol Ready to Drink tiap harinya.

Entrasol RTD dilengkapi dengan Pro-Fit Formula yang mempunyai kandungan nutrisi tinggi kalsium, vitamin & mineral, serta rendah lemak, membuat anda dapat menjalani hari - hari dengan lancar tanpa takut kekurangan kalsium.

29 June 2022 - 0 views 4 min to read

Share: