Penyebab Nyeri Tulang Dan Cara Pencegahannya Demi Tulang Yang Sehat

Ditulis oleh Admin

Penyebab Nyeri Tulang Dan Cara Pencegahannya Demi Tulang Yang Sehat

Tulang merupakan salah satu bagian dari anggota tubuh yang berfungsi untuk mendukung tubuh anda untuk dapat bergerak secara normal dan aktif. Maka dari itu kesehatan tulang adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan dengan baik. Tulang yang sehat bisa menghindarkan anda dari masalah - masalah kesehatan seperti osteoporosis dan nyeri tulang.

Tubuh sendiri membutuhkan vitamin D dan kalsium dalam menjaga kesehatan tulang dan menjadikan tulang anda tetap padat dan kuat. Demi menjaga agar tulang anda tetap sehat, tentunya kamu perlu memperhatikan asupan kalsium harian anda. Selain berguna untuk tulang anda, kalsium juga berguna untuk menjaga kesehatan otot, jantung hingga otak. 

Salah satu masalah yang sering dialami adalah nyeri tulang. Hal ini tentunya dapat menghambat produktivitas harian anda yang menyebabkan anda tidak nyaman untuk bergerak secara aktif dan normal. Kondisi ini pun kerap terjadi pada tubuh seseorang, sama seperti nyeri otot atau nyeri sendi. Beberapa faktor penyebab nyeri tulang antara lain adalah :

Faktor Penyebab Nyeri Tulang

Cedera Yang terjadi Pada Tulang

Faktor yang satu ini biasanya terjadi karena satu dari banyak hal. Seperti misalnya karena aktivitas olahraga yang terlalu intens yang menyebabkan anda mengalami cedera tulang. Atau mungkin cedera yang diakibatkan oleh kecelakaan atau insiden yang berdampak pada tulang anda. Selain dari itu keretakan maupun patah tulang akibat trauma benturan maupun cedera juga acap menjadi salah satu penyebab utama nyeri pada tulang.

Kekurangan Mineral Penting Bagi Tulang

Tulang yang sehat membutuhkan banyak mineral untuk mendukung berbagai fungsi normal selayaknya tulang pada tubuh orang yang sehat. Beberapa mineral yang sangat dibutuhkan oleh tulang anda antara lain adalah Kalsium, Magnesium dan juga Fosfor. Kekurangan mineral pada tulang akan membuat tulang anda terasa sakit dan dapat menyebabkan nyeri tulang. Maka dari itu anda perlu menjaga asupan mineral yang cukup untuk tulang anda.

Jika anda tidak yakin apa yang menyebabkan nyeri tulang pada tulang anda. Sebaiknya anda konsultasikan hal tersebut dengan dokter agar dapat didiagnosa secara baik dan benar sehingga nantinya dapat dicari penanganannya.

Rekomendasi Susu Dengan Kandungan Yang Baik Untuk Tulang Anda

Sebelum nyeri tulang terjadi pada anda, alangkah baiknya anda menjaga kondisi kesehatan tulang anda dengan melakukan pencegahan secara dini terhadap nyeri tulang. Jika anda sudah mencegah secara dini risiko terjadinya nyeri tulang, maka nantinya anda tidak perlu khawatir akan mengalami nyeri tulang yang dapat mengganggu kesehatan dan aktivitas sehari - hari anda.

Salah satu cara yang efektif untuk mencegah nyeri tulang adalah dengan mengkonsumsi susu yang khusus dibuat untuk menjaga kesehatan tulang anda. Susu yang bagus untuk nyeri tulang pun harus mengandung beberapa unsur atau komponen yang penting untuk kesehatan tulang anda.

Susu yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang anda adalah susu yang didalamnya mempunyai kandungan sebagai berikut :

1. Kalsium

Kalsium sebagai salah satu mineral terpenting untuk tubuh kita dan mempunyai peranan cukup vital dalam menjaga kesehatan. Terutama untuk membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi yang ada didalam tubuh anda. Selain itu, kalsium juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan jantung, fungsi otot dan sinyal saraf anda agar terhindar dari berbagai resiko kesehatan. Maka karena itu sangat penting bagi anda untuk memilih susu dengan kandungan kalsium yang tinggi.

Kebutuhan akan asupan kalsium harian tiap orang pun bervariasi tergantung kelompok umur orang tersebut. Secara umum International Osteoporosis Federation merekomendasikan asupan harian kalsium sebagai berikut :

  • 1 - 3 tahun : 700 mg per hari
  • 4 - 8 tahun : 1,000 mg per hari
  • 9 - 18 tahun : 1,300 mg per hari
  • 19 - 50 tahun : 1,000 mg - 1,300 mg per hari
  • 51 - 70 tahun : 1,200 mg per hari untuk wanita; 1,000 mg per hari untuk pria
  • di atas 71 tahun : 1,200 mg per hari

2. Vitamin D

Vitamin D sendiri mempunyai fungsi peranan untuk membantu penyerapan kalsium yang masuk kedalam tubuh anda. Dalam sehari anda butuh kira - kira sekitar 600 - 800 IU (international unit) vitamin D. Maka dari itu penting bagi anda untuk memastikan susu yang anda konsumsi memiliki kandungan Vitamin D yang cukup agar nantinya anda tidak kekurangan vitamin penting yang satu ini.

3. Protein

Selain berguna untuk menjaga dan membentuk massa otot, protein ternyata juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Sekitar 50% komposisi tulang terbuat dari protein. Beberapa studi dan penelitian juga mendapatkan temuan bawa asupan protein yang rendah dapat menyebabkan berkurangnya penyerapan kalsium. Hal ini tentunya dapat berdampak pada kesehatan tulang anda.

4. Antioksidan

Antioksidan sendiri merupakan sebuah senyawa yang bertugas untuk melindungi tubuh dari efek negatif yang berasal dari radikal bebas. Salah satu sumber antioksidan yang baik bagi tubuh adalah dari ekstrak buah zaitun, antioksidan yang terkandung dalam ekstrak buah zaitun dapat melindungi tubuh anda dari kerusakan sel yang dapat menyebabkan bermacam - macam penyakit dan kondisi kesehatan yang mempunyai efek negatif lainnya.

Jika anda sedang merasa bingung dalam mencari susu yang bagus dan baik untuk tulang anda. Tenang saja, Entrasol Active hadir bagi anda yang membutuhkan susu dengan kandungan nutrisi tinggi kalsium dan magnesium di dalamnya. Agar anda dapat menjalani hari - hari dengan lancar tanpa ragu dan menjaga tulang anda tetap sehat dan kuat. 

Selain memiliki lebih rendah lemak, Entrasol Active juga dilengkapi dengan ekstrak buah zaitun sebagai antioksidan yang sebagai antioksidan kuat dan anti-inflamasi sehingga dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan/ inflamasi pada tulang. Ditambah dengan Pro-Fit Formula yang tinggi vitamin D serta 10 Vitamin & 7 mineral yang baik untuk tubuh, sehingga Entrasol Active juga dapat membantu menjaga kesehatan anda tiap harinya dan memastikan anda senantiasa aktif & produktif.

29 June 2022 - 0 views 4 min to read

Share: