Rekomendasi Sayuran Yang Menyehatkan Untuk Penuhi Kebutuhan Kalsium Harian Anda.

Ditulis oleh Admin

Rekomendasi Sayuran Yang Menyehatkan Untuk Penuhi Kebutuhan Kalsium Harian Anda.

Kalsium merupakan salah satu mineral terbanyak yang ada di dalam tubuh anda dan merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Secara umum kalsium merupakan satu dari banyak komposisi yang berguna dalam pembentukan serta menjaga kepadatan tulang dan gigi. Selain itu kalsium pun memiliki peran dalam pemeliharaan fungsi otot, kesehatan jantung dan sinyal saraf anda. Maka dari itu sangat penting bagi anda untuk mendapatkan asupan kalsium setiap hari dengan cukup.

Salah satu cara terbaik agar kebutuhan kalsium anda dapat terpenuhi adalah dengan mengkonsumsi makanan berkalsium tinggi. Secara umum kebutuhan kalsium untuk orang dewasa adalah sekitar 1000mg/hari. Hal ini tentunya harus jadi perhatian bagi kita, jangan sampai nantinya kita kekurangan kalsium. Hal ini bisa menyebabkan masalah - masalah kesehatan yang membahayakan seperti osteoporosis ataupun masalah kesehatan lainnya.

Salah satu dari makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi adalah keju atau ikan sarden. Tapi bagaimana jika anda sedang diet ataupun merupakan seseorang yang vegetarian?. Tentunya hal tersebut mengharuskan anda menjadi hanya bisa mengkonsumsi sayur - mayur ataupun makanan vegetarian lainnya dalam keseharian anda. Tenang saja, bagi anda yang ingin mengetahui apa saja sayuran yang mengandung kalsium tinggi untuk sumber kalsium anda yang bisa dikonsumsi. Simak beberapa rekomendasinya dibawah ini.

Daftar Sayuran Yang Mengandung Kalsium Tinggi :

1. Sayur Bayam

Sayur bayam merupakan jenis sayur yang memiliki kandungan zat besi dengan sebagai pembentuk hemoglobin atau protein pengikat oksigen dalam sel darah merah. Bayam yang juga kaya akan serat berguna dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, bayam sendiri juga memiliki tingkat kandungan kalsium yang tinggi, setiap 100gram bayam memiliki kandungan kalsium sebesar 150mg yang cocok untuk anda jadian sumber asupan kalsium harian anda.

2. Brokoli

Sayuran yang satu ini merupakan sumber berbagai macam vitamin dan nutrisi penting yang berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh. Seperti zat besi, vitamin C, vitamin A, magnesium hingga kalsium terdapat dalam kandungan sayuran yang satu ini. Dalam setiap 100 gram brokoli setidaknya mengandung kurang lebih sekitar 60 mg kalsium yang dapat membantu mencukupi kebutuhan kalsium harian anda. Hal ini tentunya akan lebih baik jika konsumsinya dibarengi dengan makanan berkalsium tinggi lainnya.

3. Collard Hijau

Sayuran sejenis sawi yang berwarna hijau ini merupakan salah satu sumber nutrisi yang tinggi. Teksturnya yang memiliki tekstur daun yang tebal dan jika diolah dengan tepat rasanya pun akan terasa lezat. Sayur ini selain kaya akan nutrisi penting seperti protein atau zat besi, juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Dalam satu cangkir atau 190 gram collard hijau, didalamnya terdapat kandungan 266 mg kalsium. Jumlah yang cukup tinggi ini setara dengan sekitar 25 persen jumlah kebutuhan kalsium harian.

4. Bok Choy

Sayuran yang satu ini sering disebut juga sebagai sawi sendok atau pakcoy. Bok Choy sendiri memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam dan tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Kandungan nutrisi sayuran yang satu ini mengandung protein, karbohidrat, zat besi, magnesium dan nutrisi lainnya. Dalam 100mg bok choy terdapat sekitar 105mg kandungan kalsium.

5. Sawi Hijau

Sawi hijau sendiri merupakan salah satu sayuran terpopuler yang sering kita jumpai. Sayuran yang ini mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata anda.

Selain itu, Sawi hijau juga merupakan salah satu sayuran tinggi kalsium. Dalam setiap takaran 100mg sawi hijau, kalsium yang terdapat di dalamnya adalah sebesar 115 mg. 

6. Tahu

Makanan yang mungkin kita sudah sering konsumsi ini ternyata adalah salah satu makanan dengan kandungan kalsium tinggi. Sebagai salah satu sumber protein nabati yang sehat, dalam 150 gram tahu terdapat kandungan kalsium sebanyak 300-500mg. Sehingga makanan ini merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan kalsium yang paling tinggi.

7. Lobak

Sayuran yang satu ini merupakan sayuran yang dapat dikonsumsi dalam keadaan matang ataupun mentah. Sayur yang satu ini pun sering kita jumpai dalam campuran salad atau hidangan berkuah seperti sup. Kandungan nutrisi terutama kalsium dalam sayuran ini pun cukup tinggi. Dalam setiap 100 gram lobak, terdapat kandungan kalsium sebesar 200mg kalsium.

8. Tempe

Sayuran khas indonesia yang satu ini sering dipasangkan dengan salah satu makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi lainnya yaitu tahu. Tempe pun sendiri juga mempunyai kandungan kalsium yang tidak kalah tinggi. Dalam setiap 100 gram tempe, anda bisa mendapatkan sekitar 110mg kalsium.

9. Kacang Tanah

Salah satu jenis kacang - kacangan yang sering kita jadikan cemilan yang lezat ini merupakan makanan yang memiliki tingkat nutrisi yang tinggi. Kandungan nutrisi dalam kacang tanah antara lain mengandung protein, serat, zat besi, zinc dan nutrisi lainnya. Selain itu kandungan didalamnya juga mengandung sekitar 90 mg kalsium untuk setiap 100 gram nya. Makanan yang satu ini sangat cocok untuk anda jadikan cemilan sebagai sumber kalsium harian.

10. Daun Kale

Sayuran yang satu ini merupakan salah satu sayuran yang masuk kedalam golongan keluarga kubis. Sayur ini merupakan salah satu makanan yang sering disebut sebagai superfood yang memiliki bermacam - macam kandungan nutrisi penting bagi tubuh. Selain itu sayuran ini juga merupakan sumber kalsium yang cukup tinggi bagi tubuh. Dalam setiap 100 gram kale terdapat kandungan kalsium sebesar 348mg.

Nah, sekarang anda sudah tau kan apa saja sayuran yang mengandung kalsium tinggi. Jangan lupa pastikan asupan kalsium harian anda terpenuhi dengan baik agar anda dapat selalu sehat setiap hari.

Jika anda merasa khawatir asupan kalsium anda kurang dan membutuhkan sumber nutrisi berkalsium tinggi untuk memastikan agar tubuh anda tidak kekurangan kalsium. Anda tidak perlu khawatir, hal tersebut dapat diatasi secara mudah dengan mengkonsumsi Entrasol Gold untuk menjaga kekuatan tulang dan kesehatan jantung Anda. Entrasol Gold mengandung nutrisi tinggi kalsium & vitamin D serta ekstrak buah zaitun sebagai antioksidan alami yang bagus untuk kesehatan jantung Anda.

Entrasol Gold juga diperkaya dengan kandungan Pro-Fit formula yaitu omega 3&6, tinggi serat serta vitamin & mineral penting yang membuat Anda dapat menjalani aktivitas setiap hari tanpa rasa takut kekurangan kalsium.

08 August 2022 - 0 views 4 min to read

Share: