Sumber - Sumber Kalsium Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh

Ditulis oleh Admin

Sumber - Sumber Kalsium Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh

Kalsium sebagai salah satu mineral terpenting bagi tubuh anda yang mempunyai peranan utama sebagai pembentuk dan penjaga kepadatan tulang dan gigi. Kalsium juga berperan sebagai salah satu faktor yang penting untuk menjaga fungsi normal otot, serta kesehatan sinyal saraf dan jantung anda.Sehingga tidak dapat dipungkiri lagi kalsium merupakan satu dari banyaknya mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh anda supaya dapat berfungsi dengan normal.

Sumber kalsium yang paling mudah kita temukan adalah melalui makanan. selain penting sebagai sumber energi kita sehari - hari. Makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi merupakan sebuah hal yang tidak dapat kita abaikan. Secara umum kebutuhan kalsium bagi orang dewasa sendiri adalah sekitar 1000-1200mg per hari. Kecukupan akan kalsium merupakan suatu keharusan bagi anda supaya tubuh anda tidak kekurangan kalsium dapat menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari seperti misalnya Osteoporosis dan resiko masalah kesehatan lainnya.

Bagi anda yang ingin tahu apa saja sumber kalsium yang bisa anda konsumsi melalui makanan dengan tingkat kalsium tinggi. Anda bisa langsung simak rekomendasi sumber kalsium tinggi dari kami. Simak baik - baik dibawah ya.

5 makanan yang menjadi sumber kalsium.

Ikan Salmon

Bagi anda yang menyukai hidangan ala jepang yaitu sushi. Anda pasti tidak asing dengan jenis makanan laut yang satu ini. Ikan salmon merupakan salah satu sumber kalsium yang tinggi. Dengan setiap 300gram ikan salmon, anda bisa mendapatkan kalsium kurang lebih sebesar 180mg.

Selada

Bagi anda penyuka sayur-mayur ataupun anda yang sedang menjalani diet dengan pola makan vegetarian. Sayur yang dapat dengan mudah anda temukan di pasar atau supermarket sekitar anda ini merupakan salah satu sumber kalsium yang bagus untuk anda. Terdapat sekitar 19mg kalsium dalam setiap 50mg selada.

Keju

Produk olahan dari susu ini merupakan sumber kalsium dengan kadar yang cukup tinggi. Semua jenis keju sendiri merupakan sumber kalsium yang tinggi, akan tetapi keju dengan jumlah kandungan tertinggi adalah jenis keju parmesan. Dalam setiap 30mg keju parmesan yang anda konsumsi, anda sudah bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian anda sebesar kurang lebih 33% atau setara dengan 330mg kalsium.

Kacang Almond

Salah satu jenis kacang - kacangan ini merupakan jenis makanan yang bisa dijadikan sumber kalsium harian anda. Kandungan kalsium dalam kacang almond pun sendiri cukup tinggi. Dalam 100gram kacang almond terkandung didalamnya kalsium sebesar 269mg. 

Susu

Minuman yang sudah sering kita jumpai ini merupakan salah satu sumber kalsium tertinggi yang bisa kita konsumsi. Kandungan kalsium di dalam secangkir susu sapi sekitar 230ml mengandung kalsium sebanyak 300mg. Sehingga konsumsi susu merupakan hal penting yang dapat anda terapkan di keseharian anda  untuk menjaga agar tubuh anda tidak kekurangan kalsium.

Setelah anda mengetahui apa saja sumber kalsium yang dapat anda konsumsi sehari - hari melalui makanan yang berkalsium tinggi. Anda juga perlu memperhatikan makanan lain yang sering anda konsumsi tiap harinya. Jangan sampai makanan yang anda konsumsi justru menjadi penghambat penyerapan kalsium dalam tubuh anda. Sehingga nantinya meskipun anda sudah mendapatkan asupan kalsium yang cukup, asupan kalsium ini justru malah tidak dapat diserap secara maksimal oleh tubuh dan akhirnya menyebabkan anda kekurangan kalsium.

Jika anda ingin mengetahui makanan apa saja yang dapat menghambat penyerapan kalsium, kami punya beberapa daftarnya. Jenis makanan yang perlu dapat menghambat penyerapan kalsium oleh tubuh anda antara lain adalah:

Jenis Makanan Yang Dapat Menghambat Penyerapan Kalsium.

Makanan Dengan Kandungan Oksalat

Makanan berupa bayam dan tahu merupakan makanan tinggi asam oksalat. Meskipun beberapa makanan tersebut merupakan sumber kalsium yang cukup tinggi. Kadar asam oksalat yang terkandung di dalamnya jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih dapat menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh anda. Oleh karena itu, walaupun bayam dan tahu merupakan makanan tinggi kalsium. Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Makanan Dengan Kandungan Garam Yang Tinggi.

Jika anda mengkonsumsi terlalu banyak makanan dengan kandungan garam yang tinggi secara berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan ginjal anda membuang kalsium lebih banyak sehingga penyerapan kalsium juga menjadi tidak maksimal. Selain itu makanan dengan kandungan garam yang tinggi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan hipertensi.

Makanan Dan Minuman Berkafein

Makanan atau minuman yang berbahan dasar kafein, seperti kopi, teh atau coklat, adalah jenis makanan dan minuman yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan Konsumsi kafein secara berlebihan bisa mempunyai dampak pada berkurangnya kepadatan tulang terutama untuk wanita pasca menopause.



Itulah tadi penjelasan tentang apa saja sumber kalsium yang baik bagi tubuh anda beserta jenis makanan yang dapat menghambat penyerapan kalsium tersebut jika dikonsumsi secara berlebihan.

 

Bagi anda yang khawatir asupan kalsium anda kurang dan membutuhkan sumber nutrisi berkalsium tinggi untuk memastikan agar tubuh anda tidak kekurangan kalsium. Tenang saja, anda bisa mendapatkannya secara mudah dengan mengkonsumsi Entrasol Gold tiap hari.

Untuk para pembaca setia Entrasol yang ingin memiliki hidup yang aktif dan produktif, kalian bisa mencoba Entrasol Gold yang merupakan nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun. Ekstrak buah zaitun dalam seluruh rangkaian produk Entrasol merupakan antioksidan alami yang faktanya 4x lebih kuat untuk menangkal radikal bebas , menjaga kesehatan peredaran darah sehingga bagus untuk kesehatan jantung

Entrasol Gold juga dilengkapi dengan Profit formula yaitu omega 3&6, tinggi serat,  vitamin & mineral, serta lebih rendah gula






29 June 2022 - 0 views 4 min to read

Share: