Tips Tangani Orang Tua Yang Susah Makan

Ditulis oleh Admin

Tips Tangani Orang Tua Yang Susah Makan

Ditinjau Oleh dr. Adeline Devita

Penurunan nafsu makan pada orang tua merupakan suatu yang cukup sering ditemukan. Namun, kita tetap perlu memperhatikan asupan nutrisi yang cukup bagi orang tua. Nutrisi yang dikonsumsi orang tua bermanfaat untuk membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Maka dari itu, penting untuk menjaga dan memperhatikan pola makan orang tua. 

Adanya penurunan kemampuan daya ingat, cara berpikir dan perubahan hormon, termasuk hormon yang mengatur rasa lapar dapat menurunkan nafsu makan pada orang tua menurun. Jika nafsu makan menurun, tentu Penurunan nafsu makan dan daya serap nutrisi dapat mengakibatkan malnutrisi yang akan mempengaruhi kondisi kesehatan dan dapat mempengaruhi kondisi kesehatannya. Untuk mengatasinya, mari kita simak cara mengatasi orang tua yang susah makan dalam ulasan berikut ini. 

Tips Tangani Orang Tua Yang Susah Makan

Cari tahu penyebab menurunnya nafsu makan


Untuk mengatasi penurunan nafsu makan pada orang tua, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui penyebabnya. Penyebab penurunan nafsu makan pada orang tua sangat beragam, mulai dari depresi hingga peradangan pada lambung atau usus. Untuk mengetahuinya secara pasti, Anda dapat memeriksakan secara langsung kondisi orang tua Anda pada dokter spesialis penyakit dalam. Dengan begitu, evaluasi dan tindak lanjut dapat dilakukan dengan tepat. 

Temani orang tua saat makan


Cara satu ini dapat Anda lakukan untuk memberikan support bagi orang tua selama makan. Sebab, makan bersama keluarga dapat mendorong semangat orang tua untuk makan. Selama menemani orang tua makan, Anda dapat membahas topik pembicaraan yang ringan dan menyenangkan. Anda juga dapat membantu orang tua ketika makan, misalnya ketika mengambil gelas untuk minum, dan lain sebagainya.

Sajikan dengan variasi dan porsi sesuai keinginan orang tua


Porsi makan yang terlalu banyak dapat mengurangi selera makan orang tua. Maka dari itu, perlu diperhatikan porsi makan yang tepat untuk orang tua. Anda dapat menanyakan langsung pada orang tua jumlah porsi yang sesuai dengan keinginannya. Jika orang tua Anda meminta porsi kecil, Anda perlu memberikannya dalam waktu yang sering agar jumlah nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi. 

Berikan makanan yang lunak dan mudah hancur


Menyajikan makanan dalam potongan-potongan kecil dan bertekstur lunak dapat Anda lakukan untuk memudahkan orang tua Anda saat menyantap makanannya. Hal ini perlu dilakukan karena umumnya orang tua mengalami masalah gigi dan mulut yang mengganggu kenyamanan mereka saat makan.


Menjaga asupan nutrisi dengan mengonsumsi susu khusus orang tua 

Jika orang tua sulit makan anda bisa melakukan suplemen agar mereka tetap mendapatkan semua zat gizi yang diperlukan, salah satunya suplemen yang bisa diberikan ialah Susu.

Susu yang khusus diproduksi untuk orang tua mengandung nutrisi yang dibutuhkan orang tua. Umumnya susu untuk orang tua mengandung tinggi protein, tinggi serat serta vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian bagi orang tua Anda. Anda juga dapat memberikan suplemen tambahan seperti vitamin untuk membantu memenuhi kekurangan nutrisi harian pada orang tua Anda.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi orang tua, Anda dapat memberikan susu Entrasol Platinum secara rutin sebagai nutrisi pendamping. Entrasol Platinum merupakan solusi nutrisi lengkap dan seimbang yang terdiri dari nutrisi tinggi protein untuk menjaga massa otot dan daya tahan tubuh, antioksidan untuk menjaga kesehatan jantung, 11 vitamin & 8 Mineral (Tinggi Vit C,E, dan Zinc), omega 3&6. Selain rasanya enak, Entrasol Platinum juga serta rendah laktosa sehingga nyaman di perut orang tua yang tidak biasa mengkonsumsi susu, serta terbukti klinis untuk menjaga massa otot dan kesehatan jantung.

Tersedia dengan rasa vanilla dan coklat yang nikmat, membuat orang tua akan menyukai susu ini karena rasanya yang lezat seperti susu pada umumnya. Dengan 2 gelas Entrasol Platinum setiap hari, asupan antioksidan harian orang tua Anda akan terpenuhi dengan baik. Berikan Entrasol Platinum sebagai nutrisi yang tepat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian bagi orang tua ya!

21 March 2022 - 0 views 3 min to read

Share: